Pak Anies-Sandi, Rumah Tanpa DP Sangat Ditunggu Warga Jakarta Lho – Palu Ekspres
Ekonomi

Pak Anies-Sandi, Rumah Tanpa DP Sangat Ditunggu Warga Jakarta Lho

PALU EKSPRES, JAKARTA – Setelah mengalahkan petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat, pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno mulai ditagih janji kampanyenya. Termasuk adannya rumah seharga Rp 350 juta dengan DP Rp 0.

Berly Martawardaya, pengamat ekonomi dari Institute for Development of Economic and Finance (Indef) mengaku logis terhadap program yang diterapkan oleh Anies dan Sandiaga. Menurutnya, kredit  tanpa  DP cara bisa disiasati dengan memperpanjang  angsuran kreditnya. Seperti angsuran sampai 30 tahun dengan cicilan Rp 300 ribu.

“Realisasi program ini tentunya  sangat ditunggu,” ujar Berly dalam diskusi bertemakan ‘Tantangan Mewujudkan Perubahan dan Rekonsiliasi’, Cikini, Jakarta, Kamis (20/4).

Masyarakat yang kritis ingin realisasi rumah dengan DP Rp 0 bisa terwujud. Ada antusias yang besar atau ketertarikan masyarakat dengan program itu. Karenanya, hal itu harus menjadi program prioritas pasangan yang diusung oleh Partai Gerindra dan PKS ini.

“Itu bagus masyarakat Jakarta kritis, dan karena program yang bagus pengen  diwujudkan, masyarakat terus mengawal program ini,” katanya.

Sebelumnya, Anies Baswedan mengatakan skema program rumah DP Rp 0  adalah masyarakat yang ingin membeli rumah diminta menabung selama 6 bulan di bank milik Pemda Jakarta, Bank DKI. Uang hasil menabung selama 6 bulan ini sebagai pengganti DP yang nilainya mencapai 10 persen dari harga rumah.

“Jadi menabung dulu di bank selama 6 bulan yang tabungannya bisa nilainya sampai 10 persen, dari situ dihargai sebagai pengganti DP-nya,” terang Anies Baswedan dalam kampanyenya beberapa waktu lalu.

Cicilan jangka panjangnya bisa mencapai 30 sampai 35 tahun, dan program ini hanya diperuntukkan bagi warga ber-KTP DKI Jakarta.

Anies menerangkan bahwa program ini bukan berarti menyediakan rumah, tapi hanya sebatas kredit rumah tanpa DP. Anies mengatakan lokasi rumahnya terserah yang bersangkutan.

(cr2/JPG/PE)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top