Operasi Patuh Tinombala 2017, Pelajar dan ASN Banyak Terjaring Razia – Palu Ekspres
Daerah

Operasi Patuh Tinombala 2017, Pelajar dan ASN Banyak Terjaring Razia

Diperiksa- Kasat Lantas Polres Parimo sedang memeriksa kelengkapan pada saat Operasi Tinombala 2017,di kawasan KTL jalur dua Kantor Bupati, Senin 22 Mei 2017. foto: Aswadin/PE.

PALU EKSPRES, PARIMO – Selain kalangan pelajar tingkat SMP dan SMA, puluhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Parimo juga kedapatan melanggar saat berkendara.

Hal itu terlihat saat Operasi Patuh Tinombala 2017 yang dilaksanakan Satlantas Polres Parimo, Senin 22 Mei 2017.
Kasat Lantas Polres Parimo, Iptu M. Abdhi Hendriatna kepada sejumlah wartawan mengatakan, sejak dimulainya Operasi Patuh Tinombala, banyak yang terjaring razia dari kalangan pelajar.

Namun, sebagiannya itu banyak dari kalangan PNS yang berkendara tanpa menggunakan helm. Bahkan, ada pula PNS yang kedapatan tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) ketika berkendara.

Rencananya kata dia, untuk menekan tingginya angka  pelanggaran lalulintas, pihaknya akan meningkatkan sosialisasi ke sekolah-sekolah dan membangun kerjasama dengan Pemkab Parimo, melalui instansi terkait seperti Dinas Perhubungan (Dishub).

Melalui pihak Dishub, katanya, Satlantas dapat meningkatkan kesadaran tertib berlalulintas di kalangan PNS.

“Sedangkan khusus kalangan pelajar, dapat dilakukan dengan meningkatkan lagi kegiatan sosialisasi di sekolah-sekolah yang sering dilaksanakan sebelum saya menjabat sebagai Kasat,” ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya sengaja melaksanakan Operasi Patuh Tinombala yang terakhir di Kawasan Tertib Lalulintas (KTL), tepatnya di jalur dua kompleks perkantoran Pemkab Parimo. Hal itu untuk mengetahui secara pasti sejauh mana tingkat pelanggaran yang masih saja terjadi di KTL.

Ia menyebutkan, pelaksanaan Operasi Patuh Tinombala 2017 tersebut dilaksanakan di beberapa wilayah, yakni jalur trans sulawesi Kecamatan Sausu, Desa Sumbersari Kecamatan Parigi Selatan dan beberapa titik di pinggiran Kota Parigi.

Selama pelaksanaan Operasi Patuh Tinombala 2017 hingga hari terakhir kata Abdhi, tercatat sebanyak kurang lebih 300 pelanggar.

Menurutnya, angka jumlah pelanggar yang tercatat selama pelaksanaan Operasi Patuh Tinombala 2017 tersebut terbilang sangat tinggi. Sehingga, pihaknya akan berupaya lagi untuk melakukan upaya menekan jumlah pelanggar yang masih sering kali terjadi di KTL.

(mg4/Palu Ekspres)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!