Ooo…Ini Toh Penyebab Pudarnya Pancasila di Masyarakat – Palu Ekspres
Nasional

Ooo…Ini Toh Penyebab Pudarnya Pancasila di Masyarakat

PALU EKSPRES, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengungkapkan apa saja yang membuat pudarnya Pancasila di kalangan masyarakat.

Menurutnya, ada enam poin yang menyebabkan nilai Pancasila luntur. Pertama karena tidak dituturkan dari generasi ke generasi dengan baik, kedua kurangnya tokoh keteladanan, ketiga praktik pembangunan yang menyiksakan kemiskinan, ketidakadilan, kerusakan lingkungan fisik, sosial dan budaya.

“Kemudian keempat dekandesi moral, kelima individualisme, kapitalisme dan liberalisme, dan keenam tumbuhnya paham-paham radikal,” ujar Tjahjo dalam keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Senin ‎(5/6).

Ia menambahkan, jika keenam nilai ini luntur, maka akan ada dampak besar bagi Indonesia, apabila masyarakat tidak lagi menjiwai Pancasila dan sendi-sendi berbangsa, bernegara.

Selain itu, Indonesia tanpa Pancasila, sudah jelas akan kehilangan rasa ke-Indonesiaanya.‎ Hal itu akan mengarah kepada perpecahan negara. “Akhirnya akan mengancam kedaulatan Indonesia sebagai negara merdeka,” kata Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini .

Indonesia katanya, tidak perlu lagi menerapkan Pedoman, Penghayatan, dan Pengamalan Pancasila atau yang lebih dikenal dengan sebutan P4.

Karena menurutnya, P4 terkesan sangan indoktrinasi. Padahal saat ini yang dibutuhkan sistem pembinaan Pancasila yang dialogis, dengan menggunakan cara-cara andragogis atau proses yang melibatkan peserta didik dalam suatu pengamalan belajar. Sehingga membuat partisipan menjadi senang dan aktif dalam meneladani Pancasila.

“Jadi Pancasila perlu diajarkan secara kontekstual dan tidak sekadar hapalan,” pungkasnya.

(cr2/JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!