Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Ombudsman Pantau Penerapan Sistem Zonasi PPDB

0

PALU EKSPRES, PALU – Kepala Ombudsman Perwakilan Sulteng, H. Sofyan Farid Lembah menyebutkan, terus memantau penerapan sistem zonasi pada proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) PPDB tahun ajaran 2018/2019, utamanya pada jenjang SMA dan SMK. Menurutnya, saat ini penerapan sistem zonasi pada PPDB jenjang SD dan SMP sudah berjalan cukup baik.

“Kita memantau terutama dalam efektifitas penerapan sistem zonasi. Kalau di SD dan SMP Insyaallah sudah berhasil, tinggal yang di SMA kita harapkan Dinas Pendidikan Provinsi benar-benar bisa memaksa pihak sekolah, untuk menerapkan sistem zonasi,” jelas Sofyan.

Menurutnya, penerapan sistem zonasi pada PPDB merupakan cara yang baik untuk pemerataan siswa di seluruh sekolah. Olehnya ia berharap ke depan sistem zonasi dapat betul-betul dijalankan, serta proses PPDB dapat berjalan lebih baik secara umum.

“Khususnya di SMA dan SMK, tahun ini belum sepenuhnya berjalan, harapan kita harusnya tahun ini sudah diterapkan sistem zonasi itu,” tandasnya.

Selain itu ia menuturkan, pihaknya saat ini terbuka menerima pengaduan masyarakat terkait proses. Ia juga menyarankan, Dinas Pendidikan setempat untuk turut membangun posko pengaduan masalah PPDB.

“Kalau ada keluhan dari para orang tua, kita siap menerima pengaduan,” kata Sofyan saat ditemui, Kamis 28 Juni 2018.

(abr/Palu Ekspres)

Leave A Reply

Your email address will not be published.