Nyaris 100 Tahun, Nenek Ini Akhirnya Raih Gelar Sarjana – Palu Ekspres
Internasional

Nyaris 100 Tahun, Nenek Ini Akhirnya Raih Gelar Sarjana

Kimlan Jinakul (Panumas Sanguanwong/BBC Tha)

PALU EKSPRES, BANGKOK – Belajar tidak mengenal usia. Pun demikian sekolah. Itu dibuktikan oleh seorang nenek berusia 91 tahun. Di usia yang hampir mencapai seabad itu, nenek asal Thailand tersebut berhasil lulus sarjana.

Usaha untuk mendapatkan gelar itu pun dijalani selama 10 tahun. ”Tidak ada kata terlambat untuk belajar,” kata Kimlan Jinakul. Kimlan mengaku sangat ingin kuliah. Tetapi, saat masih remaja, kesempatan itu tidak pernah datang.

Namun, puluhan tahun kemudian dan setelah melihat anak-anaknya lulus kuliah, Kimlan memutuskan untuk mendaftar salah satu universitas di Thailand. Dan, Rabu (9/8), dia resmi menjadi sarjana.

Saat remaja, qarga asal Provinsi Lampang, Thailand, itu disebutkan menjadi siswa pintar dan masuk SMA terkemuka di daerahnya. Tetapi, begitu akan melanjutkan kuliah ada halangannya. Keluarga dan dirinya kemudian pindah ke Bangkok.

Dia lantas menikah dan mengubur jauh-jauh keinginannya untuk melanjutkan kuliah. Kimlan punya lima anak. Empat diantaranya bergelar master. Bahkan salah seorang di antara mereka mendapatkan gelar PhD di Amerika.

Dan pengalaman akademik anak-anak Kimlan lah yang menjadi pendorongnya untuk mendaftar di Sukhothai Thammathirat Open University. Usianya 72 tahun saat mendaftar pertama. Dia mendaftar bersama salah seorang anaknya

Tetapi tragis, anak Kimlan sakit dan meninggal dunia. Kimlan pun berduka dan memutuskan untuk tidak sekolah lagi. Tetapi, saat usianya 85 tahun, dia mencoba dan mengambil jurusan Human Ecology.

Itu, kata Kimlan, adalah program yang mengajarkan sesorang untuk hidup baik dan bahagia. ”Tidak ada yang namanya terlambat. Pikiran saya selalu terjaga dan tajam untuk belajar,” katanya.

(tia/BBC/JPC)

 

Click to comment

BERITA POPULER

To Top