Nih, Rekam Jejak 60 Calon Komisioner Komnas HAM, Ada yang Tersangkut Kasus Korupsi – Palu Ekspres
Nasional

Nih, Rekam Jejak 60 Calon Komisioner Komnas HAM, Ada yang Tersangkut Kasus Korupsi

PALU EKSPRES, JAKARTA – Koalisi Selamatkan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) merilis hasil penelusuran rekam jejak terhadap 60 calon komisioner Komnas HAM.

Pelaksanaan penelusuran rekam jejak terhadap para calon meliputi beberapa indikator, seperti kapasitas, integritas, kompetensi, dan indepensi.

Hasil dari rekam jejak tersebut mencatat 19 calon memiliki kompetensi sangat baik. Sementara 23 calon dinilai cukup baik dan lima calon dinilai perlu memahami isu-isu HAM.

Dari segi independensi calon, 13 orang ditemukan memiliki afiliasi ke partai dan 13 orang memiliki afiliasi dengan korporasi. Ditemukan pula sembilan orang di antaranya memiliki kaitan dengan organisasi radikal.

Penilaian integritas para calon menemukan lima orang terkait masalah korupsi atau gratifikasi, 11 orang dalam hal kejujuran, 8 orang terkait kekerasan seksual dan 14 orang bermasalah dalam isu keberagaman.

Kapasitas para calon pun dinilai belum terlalu baik. 11 orang di antara calon memiliki masalah dalam kerjasama, 12 orang bermasalah dengan kinerja dan 12 orang lainnya bermasalah dalam menjalankan prinsip manajerial.

Atika dari Arus Pelangi menyebut, tidak semua calon bersedia dimintai keterangan. Alasan yang diberikan karena tengah libur lebaran.

“Begitu juga ketika kami berikan opsi wawancara via telepon tapi itu tidak menyelesaikan masalah,” jelasnya.

Metode yang dipakai Koalisi Selamatkan Komnas HAM meliputi wawancara dengan calon, observasi, pemantauan media massa dan media sosial calon serta catatan selama proses dialog publik.

(wid)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!