Nih, Manfaat yang Anda Dapatkan kalau Makan Jeroan – Palu Ekspres
Kesehatan

Nih, Manfaat yang Anda Dapatkan kalau Makan Jeroan

PALU EKSPRES, JAKARTA – Jeroan atau istilah yang dipakai untuk mewakili daging organ memiliki penggemarnya tersendiri di tanah air, saya sendiri contohnya.

Meski sering dianggap buruk bagi kesehatan lantaran tinggi akan kandungan kolesterol dan lemak jenuh, jeroan seperti liver, jantung, ginjal, otak, lidah dan babat menawarkan begitu banyak manfaat kesehatan.

Berikut fakta tentang jeroan yang jarang diketahui orang seperti diambil dari Medical News Today:

1. Liver

Kaya akan vitamin A, asam folat, zat besi dan zinc, konsumsi liver sapi berkhasiat meredakan inflamasi, mulai dari penyakit Alzheimer dan artritis.

2. Ginjal

Kaya akan gizi dan protein, ginjal sapi mengandung asam lemak omega 3 yang memiliki sifat anti inflamasi dan baik untuk kesehatan jantung.

3. Otak

Juga akaya akan asam lemak omega 3 dan gizi, otak sapi mengantung antioksidan yang berkhasiat melindungi otak manusia dan saraf tulang belakang dari kerusakan.

4. Jantung

Selain kaya akan folat, zat besi, zinc dan selenium, jantung sapi juga sumber yang baik untuk vitamin B2, B6, dan B12 yang baik untuk melindungi Anda dari resiko penyakit jantung.

5. Lidah

Lidah sapi kaya akan kaloro dan asam lemak juga zinc, zat besi kolin dan vitamin B12, sangat baik untuk kesuburan dan mengurangi resiko bayi lahir seperti spina bifida dan masalah jantung.

Kontradiksi

Meski menyehatkan, konsumsi jeroan yang tinggi akan kolesterol, lemak jenuh dan purine ini, sangat tidak dianjurkan bagi mereka yang menderita asam urat atau menderita masalah jantung.

(ruf/fajar)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top