Musim Lebaran, Tarif Rental Mobil Melambung – Palu Ekspres
Ekonomi

Musim Lebaran, Tarif Rental Mobil Melambung

PALU EKSPRES, TEGAL – Tarif rental mobil pada momen Lebaran naik hampir 100 persen atau 2 kali lipat dari harga normal bahkan hingga H+1, Senin (26/6). Para pelaku usaha menfaatkan kesempatan ini untuk meraup keuntungan lebih besar. Sebab, tidak sedikit warga yang lebih memilih rental mobil sebagai alternatif kendaraan mudik menuju luar daerah untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara.

Pemudik bernama Abdul Mukhid (50) warga Desa Sutapranan, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal mengaku harus merogoh kocek hingga Rp 500 ribu untuk sewa mobil Avanza dalam 1 hari. “Padahal pada hari biasanya hanya Rp 300 ribu,” ungkapnya.

Mukhid bersama istri dan ketiga anak akan mudik menuju Tuban, Jawa Timur selama tiga hari. Ongkos yang dikeluarkan untuk sewa mobilnya saja Rp 1,5 juta. Jumlah itu belum ditambah dengan biaya bensin dan sopir. “Keluarga ada yang di Tuban, biasanya 2 tahun sekali ke sana,” ujarnya.

Dia mengaku lebih memilih mudik menggunakan mobil rental ketimbang naik Kereta Api atau Bus sebab, lebih leluasa dan nyaman. “Ya, saya bawa anak kecil kalau pakai mobil lebih nyaman dan istirahatnya bebas,” ungkapnya. Mukhid juga sempat menanyakan harga rental mobil Avanza di tempat lain ada yang harganya Rp 550 ribu bahkan Rp 600 ribu untuk mobil baru.

Sementara itu, salah satu pelaku usaha rental mobil di Kota Tegal, Nur (47) mengungkapkan, pihaknya menaikan tarif sewa mobil hanya saat arus mudik dan momen lebaran saja. Tetapi meski tarif sewa naik hampir dua kali lipat, peminatnya tetap tinggi. Sebagian besar, rental mobil yang paling diminati adalah Avanza, kemudian Inova.

“Lumayan, setiap harinya ada saja yang menyewa karena kebutuhan untuk bersilaturahmi dengan saudara jauh maupun untuk liburan,” tuturnya.

Kesempatan ini juga cukup mendogkak pemasukan pelaku usaha rental mobil tersebut. Rencananya tarif sewa akan kembali normal pada H+7 lebaran. Hal senada juga diungkapkan pelaku usaha bernama Cegrek,37, yang setiap harinya melayani sewa mobil bahkan sampai mengantri sehingga dirinya terpaksa mencari pinjaman mobil ke rental lain untuk memenuhi permintaan pelanggannya.

(dya/har/yuz/JPG)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top