Mombine Nomoni Siap Dukung 3G Palu – Palu Ekspres
Palu

Mombine Nomoni Siap Dukung 3G Palu

PALU EKSPRES, PALU – Program gerakan gali gasa (3G) terintegrasi gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) yang dicanangkan Walikota Palu akan mendapat dukungan kelompok perempuan yang menamakan diri 3G mombine nomoni.

Pembentukan komunitas ini dinisiasi Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palu, Ilham. Menurutnya, inti program 3G adalah upaya mempropaganda masyarakat untuk berpola hidup bersih dan cinta lingkungan. Sejauh ini program 3G terintegrasi Germas sudah didukung sedikitnya 74 komunitas dari berbagai kalangan.

Ilham mengaku sengaja menyasar kelompok perempuan, utamanya ibu rumah tangga dalam komunitas 3G mombine nomoni. Itu lantaran ia menilai, terlebih bu rumah tangga lebih cakap menata kebersihan dalam rumah.

“Kami ingin memulai propaganda itu dari tingkat keluarga dalam rumah tanggahnya,”jelas Ilham.

Perempuan jelas Ilham, lebih punya kemampuan untuk memberi pemahaman akan pentingnya hidup bersih dilingkungan keluarganya. Karena itu tepat menurut dia jika komunitas itu berisi ibu rumah tangga.

“Kita lihat bagaimana sehari-hari ibu mengatur kebersihan rumahnya. Mereka lebih cakap,”sebutnya.

Kedepan, jika komunitas ini mulai bergerak, maka diharapkan para ibu dalam komunitas menularkan kedisiplinan pola hidup bersih kepada tetangga disekitarnya.

“Karena kebersihan itu intinya memang harus dimulai dari dalam rumah,”jelasnya lagi.
Ilham menyebut, pihaknya akan mencoba membangun komunikasi dengan organisasi perempuan formal, seperti tim penggerak PKK untuk menjalankan komunitas itu. Agar cakupan dan sebarannya ditengah masyarakat ikut meluas.

“Ada rencana kami akan menggabungkan komunitas ini dengan organisasi perempuan lainnya agar berjalan masif,”pungkasnya.

(mdi/Palu Ekspres)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!