Minum Pakai Tangan Kiri, Raja Salman Tegur Donald Trump – Palu Ekspres
Internasional

Minum Pakai Tangan Kiri, Raja Salman Tegur Donald Trump

PALU EKSPRES, RIYADH – Tak ada rasa canggung dari seorang Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud. Sebagai ahlulbait yang menjamu tamunya, Raja Salman lantas menegur Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Namun teguran itu disampaikan dalam suasana santai. Langkah yang dilakukan Raja Salman merupakan dakwah atas presiden AS ke-45 itu.

Kejadian itu terekam dalam sebuah video yang dirilis Al Arabiya. Terlihat Raja Salman berbincang santai dengan Donald Trump sambil minum kopi.

Turut istri Trump, Melania. Trump hadir di Arab Saudi dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Arab, Islam, dan Amerika.

Trump tampak memegang gelas di tangan kirinya. Begitu pula Melania. Saat Trump hendak meminum kopi itu dengan tangan kiri, tiba-tiba Raja Salman menegurnya.

“Always with the right hand (Minumlah kopi dengan tangan kanan Anda),” ujar Raja Salman.

Seketika, Donald Trump memindahkan kopi itu ke tangan kanannya. Sikap itu diikuti Melania.

Dalam Islam, makan dan minum dengan tangan kanan termasuk adab. Begitu pula dengan beberapa aktivitas lainnya. Hal itu didasarkan pada sejumlah Hadist dari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Antara lain dari ‘Aisyah radhiallahu’anha, dia berkata,


“Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam membiasakan diri mendahulukan yang kanan dalam memakai sandal, menyisir, bersuci dan dalam setiap urusannya.” (HR Bukhari)

Dalam Hadist lain dari Ibnu Umar radhiallahu’anhuma, Rasulullah bersabda,

“Jika seseorang dari kalian makan, maka makanlah dengan tangan kanannya dan jika minum maka minumlah dengan tangan kanannya. Karena setan makan dan minum dengan tangan kirinya.” (HR Muslim)

Hal itu kemudian diperkuat dalam Hadist lain dari Jabir bin ‘Abdillah radhiallahu’anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, “Janganlah kalian makan dengan tangan kiri karena setan makan dengan tangan kiri.” (HR Muslim)

Sementara dalam Alquran, manusia dilarang mengikuti langkah setan, seperti dalam surah An Nur ayat 21.
“Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kalian mengikuti langkah-langkah setan. Barangsiapa yang mengikuti langkah-langkah setan, sesungguhnya ia menyuruh kepada perbuatan buruk dan kemungkaran.”

(fajaronline/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!