Lihat Nih, Telur Ayam Tegak Berdiri di Titik Nol Derajat Rupa Bumi – Palu Ekspres
Daerah

Lihat Nih, Telur Ayam Tegak Berdiri di Titik Nol Derajat Rupa Bumi

MENCOBA - Gubernur Sulteng Longki Djanggola tersenyum saat mencoba membuat telur berdiri tegak namun tidak berhasil. Foto JG Bua/PE

PALU EKSPRES, PARIMO – Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang dilalui garis khatulistiwa atau ekuator. Ini merupakan sebuah garis imajinasi yang digambar di tengah-tengah planet di antara dua kutub dan paralel terhadap poros rotasi planet.

Garis khatulistiwa ini membagi Bumi menjadi dua bagian belahan bumi utara dan belahan bumi selatan. Garis lintang ekuator adalah 0°. Panjang garis equator adalah sekitar 40.070 km.

Selama ini masyarakat hanya mengenal Tugu Khatulistiwa di Pontianak, ibu kota Kalimantan Barat. Di sana, masyarakat bisa menyaksikan fenomena unik saat bayangan benda terhadap matahari menghilang setiap dua tahun sekali.

Padahal di Indonesia tugu penanda garis ekuator ini bisa kita temukan juga di Desa Khatulistiwa, Tinombo Selatan, Parigi Moutong Sulawesi Tengah. Di Bonjol, Sumatera Barat tugunya dinamai Gerbang Khatulistiwa.
Lalu di Koto Alam masih dalam wilayah Sumatera Barat dinamai Bola Ekuator. Ada pula di Santan Ulu, Bontang, Kalimantan Timur dan di Pelalawan Riau.

Prev1 of 3

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!