Membangun Kerjasama Melalui Kurban di Madrasah – Palu Ekspres
Palu

Membangun Kerjasama Melalui Kurban di Madrasah

KURBAN – Kepala MAN 2 Kota Palu, Muh. Fadli bersama jajarannya, saat memerlihatkan salah satu sapi yang akan dikurbankan oleh MAN 2 Kota Palu. foto IST

PALU EKSPRES, PALU – Pelaksanaan ibadah kurban di lingkungan madrasah, dipandang mampu menjadi salah satu ajang membangun kerja sama di antara seluruh stakeholder madrasah terkait. Menurut Kepala Madrasah Aliyah negeri 2 (MAN 2) Kota Palu, Muh. Fadli, dengan adanya kerjasama tersebut, dapat memperkuat pondasi pengembangan dan peningkatan kualitas madrasah ke depannya.

Selain itu, pelaksanaan kurban sebagai ibadah yang dituntunkan oleh agama, dapat memperlihatkan kepada masyarakat, bahwa madrasah merupakan salah satu media dakwah yang efektif bagi masyarakat.

“Kurban kita adakan di madrasah, selain sebagai pendidikan karakter, juga untuk membangun kerja sama, serta untuk memerlihatkan bahwa madrasah adalah media dakwah,” ujar Muh. Fadli, melalui telepon, Senin 4 September 2017.

Ia melanjutkan, dengan adanya kerjasama yang baik tersebut, kegiatan-kegiatan yang kelihatannya terasa berat akan menjadi lebih ringan dan dapat dilaksanakan dengan baik.

“Termasuk dalam hal ibadah seperti kurban, yang diperkirakan akan membutuhkan dana banyak, kalau di-manage dengan baik, akan menjadi lebih ringan dan dapat dilaksanakan dengan baik,” imbuhnya.

Pada Idul Adha 1438 H/2017 M, MAN 2 Kota Palu melaksanakan kurban dengan menyembelih enam ekor sapi. Sapi-sapi yang disembelih pada Idul Adha tahun ini, merupakan partisipasi dari para guru MAN 2 Kota Palu.

Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, telah berlangsung selama beberapa tahun di lingkungan MAN 2 Kota Palu. Dengan pendistibusian daging kurban, kepada masyarakat sekitar lingkungan madrasah, serta sasaran lainnya, yang dipandang representatif masuk dalam katagori berhak menerima kurban.

“Sudah beberapa tahun kita lakukan hal ini tiap tahun enam ekor. Mudah-mudahan tahun akan datang bisa naik jumlahnya, bisa tujuh ekor lah,” tandas Muh. Fadli.

(abr/Palu Ekspres)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top