Mantap! Kamus Saluan-Indonesia dan Balantak-Indonesia Bisa Diunduh di Playstore – Palu Ekspres
Daerah

Mantap! Kamus Saluan-Indonesia dan Balantak-Indonesia Bisa Diunduh di Playstore

PALU EKSPRES, BANGGAI – Warga Kabupaten Banggai, wilayah yang berjarak kurang lebih 615 kilometer dari Palu, Ibukota Provinsi Sulawesi Tengah itu dihadiahi Kamus Bahasa lokal setempat oleh Pemerintah Kabupaten di bawah Bupati Herwin Yatim dan Wakil Bupati Mustar Labolo itu. Saat ini, warga bisa mengunduh kamus Bahasa Saluan-Indonesia-Inggris-Jerman dan kamus Bahasa Balantak-Indonesia di Playstore. Ini adalah fasilitas toko untuk aplikasi android.

Kamus itu diluncurkan bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Banggai Ke 57 yang dipimpin oleh Gubernur Sulawesi Tengah. H. Longki Janggola.

Kamus Bahasa Saluan dan Bahasa Balantak itu diperkenalkan oleh Sigit Widodo, Mr. Robert Brown, Tji Ping Leiog dan didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banggai, selaku pihak pelaksana penyusunan Kamus Bahasa Saluan dan Kamus Bahasa Balantak.

Menurut Kepala Daerah yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Sulteng itu, peluncuran kamus bahasa lokal ini akan makin memperkuat khazanah budaya lokal. Apalagi memang tema HUT Kabupaten Banggai ke-57 ini adalah; “Menjunjung Tinggi Harkat dan Martabat Nilai-Nilai Budaya Kearifan Lokal Kabupaten Banggai.

Dalam Upacara Peringatah HUT Banggai yang bertindak sebagai Komandan Upacara Moh. Didik Ismuh Prihan Deni, S.STP, Sementara Drs. Alfian Djibran, MM, MH bertindak sebagai Perwira Upacara. Suasana tampak berbeda dengan pengibar bendera Merah Putih yang dilaksanakan oleh Paskibraka Kabupaten Banggai, tampak Satuan Polisi Pamong Praja mengambil tanggung jawab sebagai pengibar Bendera Lambang Kabupaten Banggai dan beberapa tugas lainya.

Pada kesempatan itu pula, Gubernur Longki Janggola menyampaikan berbagai hal di mana peran serta berbagai pihak dan element masyarakat Kabupaten Banggai telah berhasil mendorong pertumbuhan ekonomi hingga mencapai persentase angka yang lebih baik dari tahun tahun sebelumnya.

(otr/jgb)

 

Click to comment

BERITA POPULER

To Top