Mantap, Indihome Telkom Sudah Jangkau Wilayah Pinggiran Kota Palu – Palu Ekspres
Uncategorized

Mantap, Indihome Telkom Sudah Jangkau Wilayah Pinggiran Kota Palu

SILATURAHMI- General Manager PT Telkom Witel Sulteng M. Jusran Holle saat berkunjung di kantor Palu Ekspres, Selasa 9 Mei 2017, yang diterima Direktur sekaligus Pemimpin Redaksi Harian Palu Ekspres, Andi Anita Anggriany Amier.

PALU EKSPRES, PALU – Hampir seluruh wilayah di Kota Palu, terutama di wilayah pinggiran, kini sudah dapat menikmati layanan internet cepat lewat Indihome, produk PT Telkom Indonesia Wilayah Sulawesi Tengah.

General Manager PT Telkom Witel Sulteng M. Jusran Holle mengatakan, kabel serat optic (fibre optic) sudah dipasang di hampir seluruh wilayah Kota Palu dalam upaya menyediakan akses internet berkecepatan tinggi ke seluruh wilayah di Sulteng.

Bahkan, layanan internet cepat lewat Indihome sudah menjangkau Kabupaten Sigi. Dan, saat ini, layanan indihome sudah bisa dirasakan oleh masyarakat di wilayah Sidera.

Dalam waktu dekat ini katanya, layanan Indihome sudah bisa menjangkau hingga area perkantoran di wilayah Bora, Kabupaten Sigi.

Dengan terealisasinya pembangunan infrastruktur jaringan pita lebar (broadband) tersebut, lanjutnya, masyarakat di Kota Palu termasuk di wilayah pinggiran dan wilayah kabupaten penyanggah Kota Palu, kini bisa menikmati layanan internet dengan kecepatan hingga 20 Gbps lewat produk Indihome Telkom. IndiHome adalah layanan internet fiber optik dilengkapi layanan Usee TV atau IP TV.

“Penggelaran kabel serat optik ini akan terus diperluas hingga akhir tahun ini dengan kapasitas layanan Indihome yang berlipat ganda untuk memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat yang semakin tinggi,” kata Jusran Holle saat berkunjung di kantor Palu Ekspres, Selasa 9 Mei 2017, yang diterima Direktur sekaligus Pemimpin Redaksi Harian Palu Ekspres, Andi Anita Anggriany Amier.

Untuk diketahui, pada 2015 saat kabel serat optik pertama kali masuk Sulteng, pelayanan masih terkonsentrasi di Kota Palu dan Biromaru, wilayah perkantoran Kabupaten Sigi saat itu. Kemudian diperluas ke Kabupaten Donggala, Parigi Moutong, Tolitoli dan Poso.

Jusran mengatakan bahwa perluasan jaringan ‘fibre optic’ ini bisa mengurangi kesenjangan digital dan membuka kesempatan kepada masyarakat untuk menikmati akses pita lebar di kota maupun di desa yang akan berdampak positif dan signifikan bagi masyarakat di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan dan berbagai bidang pembangunan lainnya.

Hanya saja, layanan IndiHome hanya bisa dipasang di rumah yang sudah ada jaringan fiber optic dari Telkom.
Produk yang diluncurkan PT Telkom adalah produk layanan Indihome Triple Play 100 % Fiber

Mengapa dikatakan Indihome Triple Play karena didalam layanan di bundling tiga fungsi yaitu internet,telpon rumah,dan UseeTV Cable (IP TV).Jadi ketika konsumen berlangganan Indihome maka konsumen langsung mendapatkan ketiga layanan tersebut dengan satu tarif saja.

Kelebihan dari paket layanan Indihome adalah jika konsumen menelpon menggunakan telpon rumah, suara yang terdengar sangat jelas tanpa ada noise. Kemudian akses jaringan internet yang sangat cepat karena dengan menggunakan indihome kecepatan akses data sampai 100mbps.

Selain itu, karena kabel fiber optic merupakan saluran transmisi yang datanya terbuat dari kaca yang sangat halus, bahkan bentuknya pun lebih kecil dari selembar rambut, di mana sinyal cahayalah yang melewati serat fiber optic tersebut menuju tempat lain.

Sinyal cahaya yang biasa digunakan adalah sinyal cahaya laser, maka dari itu akses data internet sangat cepat karena sinyal data yang dikirimkan berupa laser cahaya melalui kaca. “Jadi berbeda dengan kabel tembaga yang rawan tindak pencurian, kalau ini (serat optic) terbuat dari kaca, tidak bisa dicuri karena saat dibakar akan meleleh,” ujarnya.

(fit/Palu Ekspres)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!