Makan Upil Bikin Sehat? Ini Penjelasannya – Palu Ekspres
Kesehatan

Makan Upil Bikin Sehat? Ini Penjelasannya

PALU EKSPRES, JAKARTA – Ngupil atau istilah umum dari membersihkan kotoran hidung pastinya dilakukan oleh semua orang. Meski normal dilakukan, mengupil, khususnya di depan orang lain, dianggap sebagai hal yang jorok atau kotor (ya iyalah).

Anak-anak contohnya, tanpa pikir panjang mereka kerap mengupil hampir tidak peduli dengan lingkungan di sekitarnya. Malah terkadang, ada dari mereka yang bahkan memakan kotoran hidungnya sendiri.

Kelakuan Ini seringkali membuat orang tuda kesal dibuatnya. Namun menurut penelitian terbaru, makan upil, ternyata berdampak positif terhadap kesehatan si pemakan.

Dilansir Daily Mail (5/5/2017), bakteri yang terdapat hidung dapat mendorong sistem kekebalan tubuh ketika di makan. Tidak hanya mendorong sistem kekebaan tubuh, memakan upil ternyata juga mampu mendorong kesehatan gigi dan tubuh secara keseluruhan.

“Alam mendorong kita untuk melakukan hal-hal yang beda yang merupakan keuntungan bagi kita, (salah satunya) mengkonsumsi makanan yang beragam,” kata Dr. Scott Napper dari the University of Saskatchewan di Kanada.

Sebab itu, profesor biokimia ini menganjurkan Anda untuk memakan kotoran hidung Anda sendiri setiap kali Anda mengupil.

“Dari perspektif evolusioner, manusia berevolusi melalui kondisi yang kotor dan mungkin hidup dalam lingkungan yang steril tidak akan memberikan kita manfaat (kesehatan),” kata Napper.

Hal serupa juga dilontarkan oleh dokter spesialis paru-paru asal Austria Prof. Friedrich Bischinger. Ia mengatakan bahwa penelitian telah menunjukan bahwa orang yang mengupil adalah orang yang lebih sehat, lebih bahagia dan selaras dengan tubuhnya.

So, apakah Anda tertarik untuk memakan kotoran hidung Anda sendiri?

(ruf/fajar)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top