Lembaga Survei Munculkan Gubernur Khayalan di Pilkada DKI – Palu Ekspres
Nasional

Lembaga Survei Munculkan Gubernur Khayalan di Pilkada DKI

Kampanye Pilkada DKI Putaran ke Dua

PALU EKSPRES, JAKARTA – Banyak yang beranggapan panasnya situasi pilkada DKI Jakarta 2017 persis dengan Pilpres 2014 lalu. Saling klaim kemenangan lewat data sementara memunculkan drama “gubernur-gubernuran” atau gubernur khayalan versi lembaga survei.

Direktur Lingkar Madani untuk Indonesia Ray Rangkuti menjelaskan, hal itu bisa muncul lantaran adanya perbedaan hasil dari sejumlah lembaga survei, sehingga sangat mungkin ada pasangan calon yang akan bersikap seolah sudah pasti menang.

“Ini (gubernur-gubernuran) sangat mungkin terjadi, karena lembaga survei masing-masing memiliki hasil berbeda sehingga memunculkan respon berbeda juga. Belum lagi ketika hasil quick count nanti munculnya berbeda,” kata dia di Jakarta, Minggu (16/4).

Dalam pemilihan Presiden 2014, kubu Prabowo Subianto-Hatta Radjasa sempat melakukan syukuran dan berkegiatan yang seolah sudah terpilih meski belum ada keputusan resmi. Orang-orang menyebut hal itu sebagai drama “presiden-presidenan.”

Peristiwa ini dipicu oleh sejumlah perbedaan hasil quick count, antara yang memenangkan pasangan Prabowo-Hatta dan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Prev1 of 2

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!