Laba Menurun, Bank Sulteng Diminta Jangan Hanya Fokus Kredit Konsumtif – Palu Ekspres
Ekonomi

Laba Menurun, Bank Sulteng Diminta Jangan Hanya Fokus Kredit Konsumtif

RAPAT UMUM - Suasana rapat umum pemegang saham PT Bank Sulteng diikuti bupati/walikota se Sulteng di Palu 12 April 2018. FOTO HUMAS

PALU EKSPRES, PALU – Pembentukan Bank Pembangunan Daerah (BPD) atau Bank Sulteng dilakukan untuk menjadi motor penggerak ekonomi daerah. Oleh sebab itu PT. Bank Sulteng harus mampu memfasilitasi pelaku-pelaku ekonomi di daerah yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan akses keuangan khususnya pelaku UKM dan IKM.

Kedepan PT Bank Sulteng diharap tidak hanya fokus pada kredit konsumtif tapi pada kredit yang produktif. Sebab sektor usaha kecil dan menengah (UKM) memiliki peran dan kontribusi yang sangat besar dalam menunjang perekonomian indonesia. Karenanya sektor ini menempati bagian terbesar dari seluruh aktivitas ekonomi rakyat. Dapat menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat serta dapat mengurangi angka pengangguran.

Demikian Gubernur Sulteng H Longki Djanggola, selaku pemegang saham pengendali PT. Bank Sulteng dalam rapat umum pemegang saham (TUPS) Tahun 2017, di Hotel Mercure, Kamis, 12 April 2018

Dia menegaskan berdasarkan laporan keuangan PT. Bank Sulteng menunjukan kinerja yang cukup baik. Namun jika di lihat dari perolehan laba tahun 2017 mengalami penurunan. Hal ini disebabkan karena meningkatnya biaya operasional sehingga mempengaruhi tingkat perolehan laba tahun 2017.

Dalam upaya meningkatkan peran PT. Bank Sulteng sebagai Bank milik pemerintah daerah, Bank Sulteng katanya perlu mendorong perluasan pelayanan yang berkualitas dan kompetitif. Untuk itu perlu proaktif didalam mencapai dana pihak ketiga yang murah dan meningkatkan kerja sama dengan pihak pemerintah daerah.

“Karenanya saya mengimbau pemerintah kabupaten/kota agar menempatkan dana APBD untuk dikelola oleh PT. Bank Sulteng,”harapnya. Longki pun mengingatkan seluruh jajaran komisaris, direksi dan staf PT. Bank Sulteng agar melakukan efisiensi didalam operasional Bank Sulteng.

Untuk meningkatkan perolehan laba, Bank Sulteng perlu melakukan transformasi dalam struktur jenjang organisasi PT. Bank Sulteng serta meningkatkan kemampuan dan keterampilan sumber daya manusia.

Longki dalam kesempatan itu tak lupa mengucapkan selamat ulang tahun yang ke 49 untuk PT. Bank Sulteng dengan seluruh jajarannya, dengan harapanSemoga Bank Sulteng dapat lebih maju, mandiri dan berdaya saing sehingga menjadi bank kebanggan masyarakat Sulteng.

Menurutnya dalam upaya meningkatkan peran PT. Bank Sulteng sebagai Bank milik pemerintah daerah perlu mendorong perluasan pelayanan yang berkualitas dan kompetitif untuk itu perlu proaktif didalam mencapai dana pihak ketiga yang murah dan meningkatkan kerja sama dengan pihak pemerintah daerah RUPS turut dihadiri Komisaris dan Direksi PT. Bank Sulteng, Walikota/Bupati se-Sulawesi Tengah, serta pejabat terkait lainnya.

(humas/Palu Ekspres)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!