KPUD Masih Menunggu Informasi dari KPU Pusat soal Jumlah PPK – Palu Ekspres
Daerah

KPUD Masih Menunggu Informasi dari KPU Pusat soal Jumlah PPK

PALU EKSPRES, PARIGI – Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Parigi Moutong Amelia Idris mengatakan, untuk pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan PPS pada pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada tahun 2018 mendatang, akan dimulakan pada tanggal 12 Oktober hingga 11 November tahun 2017.

Tahapan pendaftarannya, secara rinci sudah dijadwalkan karena pada 11 November 2017 itu adalah batas waktu yang diberikan, khususnya untuk pembentukan PPK dan PPS.

“Artinya bahwa PPK dan PPS sudah siap untuk bekerja pada 11 November, jadi secara rinci nanti akan kami sampaikan lagi tahapan tahapanya mulai dari tanggal 12 Oktober 2017 itu sampai dengan tanggal dimulainya pendaftaran,” kata Ketua KPU Parimo saat ditemui media ini usai membuka Sosialisasi Undang Undang Pemilu di salah satu Hotel di Parigi, Senin (2/10).

Sekaitan dengan proses tahapan pembentukan PPK dan PPS tersebut melibatkan tim seleksi? Ia menjelaskan bahwa tidak ada tim seleksi karena yang menyeleksi itu sendiri adalah dari pihak KPUD Kabupaten.

“Jadi seleksi yang kami lakukan untuk PPK dan PPS itu yakni seleksi administrasi, tes tulis dan wawancara, seleksinya masih seperti tahun sebelumnya, belum ada perubahan masih seperti dulu,” ujarnya.

Lanjut dia, jumlah PPK dalam satu Kecamatan untuk Pemilihan Bupati, mengacu pada undang undang yang baru, belum ada secara tegas dari KPU RI yang menjelaskan berapa jumlah anggotanya. Tetapi pihaknya tetap menunggu informasi, misalnya kalau tetap mengacu pada Undang undang Nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota yang menjelaskan bahwa jumlah PPK di Kecamatan adalah lima orang. Tetapi untuk Pemilihan Legislatif dengan Undang undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, jumlah PPK itu adalah tiga Orang.

“Untuk itu, karena kita di Kabupaten Parigi Moutong ini melaksanakan dua tahapan yang akan dimulai pada tanggal 12 Oktkber adalah pemilihan PPK itu apakah sudah mengacu ke undang undang Nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota, jumlahnya atau mengacu ke undang undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, karena biar bagaimana PPK ini juga nanti akan melaksanakan tugas pada Pemilihan Legislatif pada tahun 2019 mendatang, makanya kami khususnya KPU Kabupaten Parigi Moutong secara tekhnis sudah mempersiapkan segala sesuatu untuk pemilihan PPK dan PPS, tetapi untuk legalitasnya kami masih menunggu hasil atau surat perintah dari KPU RI,” jelasnya.

(mg4/Palu Ekspres)

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!