KPUD Libatkan IDI hingga BNN di Pilkada Parimo 2018 – Palu Ekspres
Daerah

KPUD Libatkan IDI hingga BNN di Pilkada Parimo 2018

Ketua KPU Kabupaten Parigi Moutong, Amelia Idris

PALU EKSPRES, PARIGI – Pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Parigi Moutong periode 2018 – 2023 tak lama lagi segera dihelat. Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten sudah menyusun persiapan untuk melakukan tes kesehatan cabup dan Cawabup Parigi Moutong dengan melibatkan sejumlah lembaga saat pelaksanaan tes kesehatan bakal calon bupati dan wakil bupati nantinya.

Untuk kegiatan itu, penyelenggara pemilu tersebut telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 240 juta.

Ketua KPU Kabupaten Parigi Moutong, Amelia Idris mengatakan, akan melibatkan lembaga diantaranya Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Parigi Moutong, Himpunan Psikologi Indonesia (HIPSI) dan Badan Narkotika Nasional (BNN).

“Tes kesehatan rencananya dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Anuntaloko Parigi. Terkait alat kesehatan, IDI kabupaten nantinya akan berkoordinasi dengan IDI provinsi,” kata Amelia kepada sejumlah media baru-baru ini.

Keterlibatan HIPSI dan BNN dalam pemeriksaan kesehatan balon, kata dia, sudah sesuai dengan amanat Peraturan KPU (PKPU) Nomor: 1 Tahun 2017. Seluruh bakal calon akan mengikuti tes psikologi melalui wawancara maupun test kejiwaan oleh HIPSI.

Sedangkan BNN nantinya akan melakukan tes urin dan tes rambut untuk mengetahui kepastian apakah adanya balon yang sedang menggunakan narkotika maupun barang haram lainnya.

Divisi Teknis KPU Kabupaten Parigi Moutong, Haris menambahkan, menyangkut anggaran pemeriksaan kesehatan balon sebesar Rp240 juta itu, diperuntukkan bagi pemeriksaan kesehatan delapan pasang calon. Dengan hitungan setiap pasangan calon dianggarkan senilai Rp30 juta.

“Rp240 juta sudah include dengan pembiayaan tiga lembaga vertikal yang dilibatkan dalam tes kesehatan. Seperti apa rincian pembagian budgeting perpasangan calon, semuanya telah ada dalam daftar yang telah diplenokan KPU Kabupaten Parigi Moutong,” terangnya.

(mg4/Palu Ekspres)

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!