KPU Parimo Kembalikan Berkas Empat Parpol – Palu Ekspres
Daerah

KPU Parimo Kembalikan Berkas Empat Parpol

PENYERAHAN BERKAS-Anggota KPUD Parimo beserta staf sekretariat KPUD Parimo menerima sekaligus memverivikasi berkas parpol yang dimasukkan ke KPUD setempat. foto ASWADIN/pe

 

PALU EKSPRES, PARIGI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Parigi Moutong mengembalikan berkas empat Partai Politik (Parpol) untuk perbaikan kembali. Keempat Partai tersebut yakni Partai Persatuan Paembangunan (PPP), Partai Golkar, Gerindra, dan Partai Hanura, ” kata Komisioner KPU Parimo Anas kepada media ini, Senin (16/10).

Anas menjelaskan dikembalikannya keempat berkas parpol tersebut, karena lampiran foto copy kartu tanda anggota (KTA), foto copy kartu tanda penduduk (KTP), serta surat keterangan tidak sama.

“Seharusnya sama, karena tidak sama jumlahnya makanya kami kembalikan berkasnya untuk diperbaiki kembali dan dilengkapi berkasnya,” ujarnya.

Lanjutnya dia, KPU menunggu hasil perbaikan berkas tersebut sampai pukul 24.00 wita tadi malam. Jika sampai dengan batas waktu yang ditentukan, parpol tersebut mengembalikan berkas tanpa ada perbaikan maka KPU akan tetap menerima sepanjang berkas tersebut sudah bisa melampaui jumlah dari seratus per seribu atau sekitar 440 jumlah KTP dan KTA yang sinkron.

“Jika sudah mencapai angka 444 itu sudah kita terima, jika kurang dari 440 berarti berkasnya kami tolak,” tandasnya.

Ia menjelaskan, KPU Parimo pada tanggal 17 Oktober hingga tanggal 15 November 2017, akan melakukan tahapan verifikasi administrasi dan mengecek kebenaran nama, alamat, dan jenis kelamin, yang ada di format F2. Setelah itu akan disesuaikan dengan nama dan alamat, jenis kelamin yang ada di KTP orang tersebut dan juga akan disinkronkan dengan KTA yang ada, kemudian akan di cocokan keempat keterangan tersebut.

Jika ada yang tidak sesuai akan memasuki tahapan berikutnya, yakni verifikasi faktual, pihaknya akan turun langsung ke lapangan untuk memastikan kebenaran data tersebut.

“Seandainya itu tidak benar dan orang tersebut sudah tergabung dengan parpol lain, maka dia akan di keluarkan dari Parpol yang telah melampirkan datanya dengan menandatangani berita acara,” katanya.

Ia menambahkan sampai saat ini baru 11 parpol yang memasukkan berkas, dan terakhir yang memasukkan berkas yakni Partai Demokrat. Parpol yang sudah menerima surat tanda terima dari KPU adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Perindo, Nasdem, PDIP, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan Partai Garuda. Beberapa partai tersebut kata dia, berkasnya sudah dianggap sinkron.

(mg4/Palu Ekspres)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!