KPU Parimo Gelar Debat Publik Pertama di Kecamatan Sausu – Palu Ekspres
Daerah

KPU Parimo Gelar Debat Publik Pertama di Kecamatan Sausu

Ketua KPU Parimo Amelia Idris

PALU EKSPRES, PARIGI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Parigi Moutong akan menggelar debat kandidat pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Parigi Moutong di Desa Sausu, Kecamatan Sausu, Selasa (27/3).

Pada debat kandidat nantinya, KPU Parimo akan membatasi setiap jumlah peserta dari masing-masing pendukung pasangan calon.

‘’Jadi yang masuk di dalam nantinya maksimal 300 orang dari setiap tim pendukung itu maksimalnya 50 orang, jadi 150 orang dari masing-masing tim, kemudian 100 orang undangan lain dan ditambah dengan penyelenggara 50 orang,’’kata ketua KPU Parimo Amelia Idris kepada Palu Ekspres, Kamis (22/3) di Kantornya.

Dia mengatakan, pelaksanaan debat ini sudah sesuai dengan hasil rapat pleno penetapan agenda debat publik beberapa waktu lalu. Hajatan ini kata dia, pertama kali dilaksanakan di Kecamatan Sausu. Karena sesuai hasil pleno, debat publik itu dilaksanakan sebanyak tiga kali. Dua kali di Kecamatan, dan yang ke tiga dilaksanakan di dalam kota Parigi.

Dia menjelaskan, KPU melaksanakan debat publik dua kali di wilayah luar kota Parigi karena mengingat wilayah Parigi Moutong cukup luas. Selain itu kata dia, pihaknya juga menginginkan seluruh masyarakat Parigi Moutong bisa merasakan tahapan Pilkada, kemudian masyarakat juga dapat menyaksikan langsung para kontestan pada saat debat tersebut.

‘’Awalnya diagendakan pelaksanaan debat ini akan disiarkan langsung oleh stasion televisi, namun karena faktor teknis sehingga kami belum bisa menyiarkannya,’’terangnya.
Kegiatan ini tambahnya, akan dilaksanakan pada malam hari, mengingat pada malam hari itu akan banyak dihadiri oleh masyarakat setempat. Sebab, aktivitas masyarakat di Kecamatan itu dominan pada siang hari.

‘’Kalau kita melaksanakanya pagi atau sore hari, masyarakat di sini tidak berada di tempat, jadi kami berharap pada malam hari masyarakat khususnya di Kecamatan Torue, Balinggi itu bisa menyaksikan langsung debat publik tersebut,’’ harapnya.

Sekaitan hal itu, Kapolres Parimo AKBP Sirajuddin Ramly selaku penanggung jawab keamanan di wilayah hukum Kabupaten Parimo mengatakan, pihaknya siap melakukan pengamanan kalau memang itu desepakti dilaksanakan di siang hari, pihaknya pun tetap siap untuk melakukan pengamanan.

‘’Jadi kapan pun disepakati kami tetap siap, memang kalau malam hari kan prinsipnya ini menyampaikan visi misi dan program dan harus diketahui oleh masyarakat, karena masyarakat kita kan, rata-rata aktivitasnya itu siang, dan pada malam hari mereka semua sudah pada ngumpul di rumah sehingga mereka bisa menyaksikan debat publik itu,’’kata Kapolres.

Dia mengatakan, secara teknis pihaknya akan mengatur arus lalulintas, parkiran dan lainnya. Karena orang yang diundang juga kata dia, tidak terlalu banyak hanya dikisaran 300 orang saja. Kemudian Polres Parimo kata dia, akan menurunkan kurang lebih 200 porsenel untuk pengamanan debat publik di Kecamatan Sausu nantinya.

(mg4/Palu Ekspres)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!