KPU Imbau yang Belum Terdata Segera Mendaftar – Palu Ekspres
Nasional

KPU Imbau yang Belum Terdata Segera Mendaftar

KPU terus mendorong partisipasi masyarakat dalam mensukseskan Pilkada 9 Desember 2015 mendatang.

PALU,PE-KPU masih membuka kesempatan bagi warga Kota Palu yang belum terdata dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap) agar segera mendaftar ke Daftar Pemilih Tambahan Satu (DPTB-1).
Komisioner KPU, Divisi Sosialisasi, Halimah mengatakan KPU akan membuka kesempatan itu hingga 20 Oktober besok. Kesempatan tersebut dibuka sejak 13 Oktober lalu sehari setelah penetapan DPT oleh KPU Sulteng pada 12 Oktober lalu.

Partisipasi masyarakat dalam mendukung terutama dalam menggunakan hak suara kata Halimah menentukan keberhasilan penyelenggaraan Pilkada serentak kali ini. ‘‘Kami sih berharap agar semaksimal mungkin semua yang sudah memiliki hak memilih menggunakan suaranya pada 9 Desember mendatang. Tidak lagi masa bodoh dan menganggap tidak penting (mencoblos),“ ujarnya.

Data DPTB-1 akan diumumkan pada 7 November mendatang usai direkapitulasi dan diplenokan secara berjenjang di tingkatan penyelenggara KPU. Mulai dari tingkat kelurahan  pada 21-23 Oktober kemudian pada tingkat kecamatan pada 24-26 Oktober. ‘‘Nanti baru akan diumumkan lagi pada tingkat PPS setelah diplenokan dan ditetapkan di KPU provinsi pada 29 Oktober. Pengumuman di PPS pada 7 November,“ terang Halimah.

Seperti diketahui, data DPT Kota Palu yang ditetapkan KPU pada 12 Oktober lalu berjumlah 238.280 yang tersebar di 45 kelurahan dan 621 TPS. Jumlah itu terdiri atas 117.835 pemilih laki-laki dan 120.445 pemilih perempuan. Seperti diketahui pula, DPTB-1 disiapkan KPU untuk mengakomodir pemilih yang namanya tidak terdaftar dalam DPT. Melalui DPTB-1 KPU harapkan dapat menjaring sebanyak mungkin pemilih-pemilih potensial yang belum tersentuh dalam DPT. (mrs)

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!