Konsumsi Avtur Sebentar Lagi Naik – Palu Ekspres
Ekonomi

Konsumsi Avtur Sebentar Lagi Naik

PALU EKSPRES, JAKARTA – Menjelang bulan ramadhan, para calon pemudik sudah mulai membeli tiket transportasi untuk pulang ke kampung halaman. Salah satunya dengan moda transportasi pesawat. Untuk mengantisipasi melonjaknya jumlah penumpang, PT Pertamina menjamin stok avtur, bahan bakar pesawat, aman saat mudik lebaran.

“Lonjakan akan makin meningkat menjelang hari H lebaran. Misalnya 3 hari jelang hari H, ” tegas Direktur Pemasaran Pertamina Muchamad Iskandar, Senin (22/5). Pada lebaran tahun 2016 lalu, konsumsi avtur naik 4 persen. Hal itu diakibatkan adanya penerbangan tambahan (extra flight) untuk penumpang mdik.

Untuk tahun ini agak berbeda dari prediksi tahun lalu. Konsumsi avtur diproyeksikan naik 5-6 persen dibanding rata-rata harian.

Lonjakan konsumsi avtur diperkirakan mulai terjadi pada H-15 dan H+15 lebaran. Puncaknya diperkirakan pada H-2, mengingat Idul Fitri jatuh pada hari Minggu. Catatan Pertamina pada lebaran 2016, konsumsi avtur meningkat empat persen dari 12.500 kiloliter per hari menjadi 13 ribu Kl per hari.

“Sementara itu, konsumsi avtur diperkirakan meningkat dari normalnya 14.079 Kl per hari menjadi 14.992 Kl per hari. Ketersediaan bahan bakar ini cukup 22 hari, jadi stok masih aman,” ungkapnya.

(cr1/JPG)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top