Kok Sekolah Negeri Tak Diminati Siswa Baru? – Palu Ekspres
Pendidikan

Kok Sekolah Negeri Tak Diminati Siswa Baru?

Antrean orang tua siswa saat mendaftarkan anaknya sekolah di Batam. (Cecep Mulyana/Batam Pos/JawaPos.com)

PALU EKSPRES, BATAM – Jika sebagian orang tua mengeluhkan anaknya tidak diterima di sekolah negeri karena keterbatasan daya tampung, namun ada sekolah yang kesulitan mendapatkan siswa baru. Kondisi ini terjadi di beberapa SD dan SMP Kota Batam.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Batam Muslim Bidin mengatakan kekurangan daya tampung tak sepenuhnya terjadi di sekolah negeri. Ada sekolah negeri yang kesulitan mendapat siswa baru.

“(Sekolah) negeri yang peminatnya ada, contoh yang SMA seperti 18 dan 19 di Batuaji itu, kan kurang juga,” sebut Muslim seperti dilansir Batam Pos (Jawa Pos Group), Senin (10/7). Antrean orang tua siswa saat mendaftarkan anaknya sekolah di Batam.

Antrean orang tua siswa saat mendaftarkan anaknya sekolah di Batam. (Cecep Mulyana/Batam Pos/JawaPos.com)

Selain SMA, sekolah yang mengalami kekurangan siswa juga terjadi di tingkat SD dan SMP. Contohnya di daerah Piayu. Di sana ada sekolah yang kekurangan siswa.

Dia menilai keadaan ini terjadi lantaran pihak sekolah kurang melakukan sosialisasi terkait program yang ditawarkan. Di samping itu ada kecenderungan wali murid memaksakan kehendak masuk ke sekolah yang diinginkan. “Sekolahnya kurang greget, ini yang saya lihat. Masyarakat paksa ke negeri unggulan, ini juga salah satunya,” ungkapnya.

Melihat kondisi ini, sejatinya kontras dengan kebijakan Disdik yang akan menambah rasio kelas di sekolah negeri. Kendati ada sekolah mengalami kekurangan siswa, namun dia tidak dapat memastikan sekolah itu bakal bisa menerima siswa baru tambahan. “Untuk ini kami perlu petunjuk pak wali, hari Senin (hari ini) kami ingin bertemu beliau,” katanya.

(cr13/iil//JPG)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top