Kok Iqbal Masih Pimpin Paripurna? – Palu Ekspres
Palu

Kok Iqbal Masih Pimpin Paripurna?

PARIPURNA - Iqbal Andi Magga memimpin sidang paripurna DPRD Palu tentang pembukaan masa sidang catur wulan III tahun 2017, Kamis 14 September 2017. foto HAMDI ANWAR/pe

PALU EKSPRES, PALU – Untuk kesekian kali Iqbal Andi Magga masih terlihat memimpin sidang paripurna DPRD Palu dalam kapasitasnya sebagai ketua dewan. Walaupun yang bersangkutan proses penggantian antar waktu (PAW) kini tengah berproses. Usulan PAW dari ketua yang diajukan Golkar juga sudah ditindaklanjuti DPRD Palu dengan menggelar paripurna usulan pemberhentian yang disusul sebuah keputusan dewan.

DPRD Palu juga telah pernah menetapkan Wakil Ketua DPRD, Basmin sebagai pelaksana tugas (Plt) ketua. Kamis 14 September kemarin, Iqbal pemimpin sidang paripurna pembukaan masa sidang catur wulan (Cawu) III tahun 2017 didampingi wakil, Basmin dan Erfandi.

Sebelumnya, Rabu 13 September, Iqbal juga disebut memimpin DPRD Palu dalam pertemuan bersama Pemprov Sulteng, di Hotel Mercure Palu. Sekretaris DPRD Palu, Rosidah Thalib dikonfirmasi usai sidang menyebut, status Iqbal saat ini memang masih sah sebagai Ketua DPRD Palu. Karena itu Iqbal masih berhak memimpin sidang dan mendapat fasilitas jabatan ketua.

Menurutnya, kedudukan Iqbal dinyatakan tidak lagi sebagai ketua jika telah ada surat keputusan (SK) pemberhentian dari Gubernur Sulteng. “Yang memberhentikan itukan Gubernur,”jawab Sekwan.

Mengenai keputusan hasil paripurna DPRD tentang pemberhentian sekaligus pengusulan ketua PAW, menurutnya itu hanya sekedar pengusulan yang tidak bisa dijadikan dasar meletakkan jabatannya. “DPR kan hanya mengusul,”pungkasnya.

Sementara itu dari amatan Palu Ekspres, sidang paripurna yang dihadiri 24 anggota DPR itu tidak dihadiri calon ketua PAW yang diusulkan partai Golkar, Ishak Cae. Dari fraksi Golkar, anggota yang hadir dalam paripurna itu diantaranya hanya M Rum dan Raudah. Dua lainnya, M Jaruddin W dan H Kadir juga tidak mengikuti sidang.

Sebelumnya, Asisten I Pemkot Palu, Rifani Pakamundi kepada Palu Ekspres mengatakan, usulan PAW Iqbal A Magga saat ini sedang diproses oleh Walikota Palu untuk selanjutnya diteruskan ke Gubernur Sulteng. Namun mengenai waktu pengajuan surat, Rifani belum mendapat informasi dari bagian pemerintahan Pemkot Palu.

“Saya belum tau apakah sudah diteruskan atau belum. Yang pasti usulan itu sudah diproses,” pungkasnya. Golkar sendiri sebelumnya telah mendesak Walikota Palu untuk segera memproses dan meneruskan usulan PAW kepada Gubernur Sulteng. Desakan itu menyusul adanya putusan mahkamah partai golkar (MPG) yang menolak permohonan gugatan Iqbal terhadap PAW.

Di waktu bersamaan juga terbit surat keputusan MPG yang mencabut dan membatalkan surat penundaan proses PAW yang dikeluarkan sebelumnya.

(mdi/Palu Ekspres)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!