Kok Bisa, Paket E-KTP Palsu dari Kamboja untuk Siapa? – Palu Ekspres
Nasional

Kok Bisa, Paket E-KTP Palsu dari Kamboja untuk Siapa?

JAKARTA, PE – Kabar soal paket E-KTP palsu yang dikirim dari Kamboja telah sampai ke telinga Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arief Fakrulloh.

“Diinformasikan, bahwa memang benar terdapat pengiriman barang cetakan (paket E-KTP palsu) yang berasal dari Kamboja. Barang cetakan tersebut dikirim melalui Jasa Pengiriman FEDEX melalui Bandara Soekarno Hatta,” ujar Zudan di Jakarta, Kamis (9/2).

Menurut Zudan, informasi soal paket E-KTP palsu diperoleh setelah Kemendagri melakukan koordinasi dengan pihak Bea Cukai.

“Karena dicurigai barang cetakan tersebut merupakan dokumen yang dipalsukan, maka barang tersebut disita dan dilakukan pemeriksaan fisik lebih lanjut. Untuk jumlah paket E-KTP palsu yang dikirim dari Kamboja tersebut, pihak Bea Cukai belum berani menginformasikan jumlahnya,” ucap Zudan.

Atas temuan tersebut, Kemendagri akan berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya, untuk melakukan pengecekan dan verifikasi lebih lanjut.

“Besok (Jumat,red) kami berkoordinasi lebih detail dengan Polda, karena hari ini barang-barangnya sudah disegel kembali sebagai barang bukti untuk diserahkan ke Polda Metro Jaya,” tutur Zudan.

Zudan kembali menegaskan, e-KTP palsu tidak bisa digunakan untuk memilih di TPS saat pencoblosan Pilkada mendatang.

“E-KTP atau surat keterangan hanya digunakan di satu jam terakhir yakni jam 12 sampai 1 siang untuk pemilih yang belum terdaftar dalam DPT. Selain itu juga untuk masuk DPT tambahan harus dilakukan di TPS domisili,” ujarnya.

Selain itu, Dinas Dukcapil kata Zudan, juga akan bertugas pada pemungutan suara 15 Februari mendatang. Sehingga ketika penyelenggara mencurigai ada oknum hendak menggunakan e-KTP atau surat keterangan palsu, bisa segera ditindaklanjuti.

“Penyelenggara nanti bisa memfoto e-KTP atau suket (yang dicurigai,red) dan dikirim ke whatsapp dukcapil setempat. Dukcapil akan segera mengecek ke database. Hasilnya, dikirim langsung ke petugas di TPS,” pungkas Zudan.

(gir/jpnn/PE) 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!