Kesehatan, Penopang Indeks Pembangunan – Palu Ekspres
Daerah

Kesehatan, Penopang Indeks Pembangunan

MEMBUKA- Asisten III Bidang Administrasi Umum PemkabTouna, Ir. Munawar Mapu, M.Si saat membuka Forum Diskusi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) di Auditorium kantor Bupati Touna, Kamis 18 Mei 2017.

PALU EKSPRES, TOUNA – Asisten III Bidang Administrasi Umum Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Tojo Una-una (Touna), Ir. Munawar Mapu, M.Si menyampaikan, pembangunan kesehatan merupakan salah satu unsur penopang peningkatan indeks pembangunan manusia selain unsur pendidikan dan ekonomi.

“Untuk itu sebagai investasi, orentasi pembangunan kesehatan harus lebih didorong pada aspek-aspek promotif dan preventif tanpa melupakan aspek kuratif rehabilitatif,” kata Munawar Mapu mewakili Bupati Touna pada pembukaan Forum Diskusi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) di Auditorium kantor Bupati Touna.

Dikatakannya, dalam rencana pembangunan jangka panjang (2005-2024), menetapkan bahwa pembangun kesehatan menuju  arah pengembangan upaya kesehatan yang bersifat kuratif, bergerak ke arah upaya kesehatan preventif dan promotif, sesuai kebutuhan dan tantangan kesehatan.

“Tantangan serius yang dihadapi bidang kesehatan secara Nasional saat ini adalah berupa beban ganda penyakit, di mana perubahan gaya hidup masyarakat di tenggarai menjadi salah satu penyebab terjadinya pergeseran pola penyakit (Transisi Epidemiologi) dalam 30 tahun terakhir,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, menghadapi masalah kesehatan triple burden, yaitu masih tingginya penyakit infeksi, meningkatnya penyakit tidak menular dan muncul kembali penyakit-penyakit yang seharusnya sudah teratasi.

“Olehnya, untuk mengatasi hal ini, di perlukan upaya pendekatan promotif dan preventif sebagai langkah efektif untuk menjawab berbagai tantangan kesehatan, yang didukung dengan kualitas lingkungan, ketersedian sarana dan prasarana, peningkatan pelayanan kesehatan, menciptakan sumber daya kesehatan yang berkualitas serta dukungan regulasi,” jelasnya.

Menurutnya, prilaku sehat sebenarnya sudah ada di masyarakat, namun perlu penguatan dan diperluas dalam praktiknya di kalangan keluarga dan masyarakat.

Karena permasalahan kesehatan yang timbul saat ini merupakan akibat dari perilaku hidup yang tidak sehat ditambahkan dengan sanitasi lingkungan serta ketersedian air bersih yang masih kurang memadai di beberapa tempat,” tuturnya.

Dia berharap, kepada peserta yang terlibat dalam forum diskusi ini, dapat lebih proaktif memberikan saran dan masukan serta menyatukan komitmen bersama untuk terus bersuara, memberikan solusi dan melakukan aksi nyata demi suksesnya gerakan masyarakat sesuai yang diharapkan.

(mg3/Palu Ekspres)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top