Kereta Bandara Soekarno-Hatta Ditarget Beroperasi Sebelum Lebaran, Tarifnya… – Palu Ekspres
Ekonomi

Kereta Bandara Soekarno-Hatta Ditarget Beroperasi Sebelum Lebaran, Tarifnya…

PALU EKSPRES, JAKARTA – Kereta Bandara Soekarno Hatta ditargetkan akan mulai beroperasi pada akhir juni nanti, atau setidaknya sebelum lebaran.

Untuk tarifnya, operator kereta Bandara Soekarno-Hatta, PT Railink, hingga Jumat (26/5) masih membahas tarif yang akan ditetapkan bagi penumpang.

Berdasarkan pembahasan internal PT Railink, kemungkinan tarif kereta bandara berada pada kisaran Rp 100.000 hingga Rp 150.000.

“Kisaran (harga tiket) Rp 100.000 sampai Rp 150.000. Pertimbangannya lebih kepada faktor bisnis, karena kami sama sekali tidak menggunakan dana APBN,” kata JM Marcomm and PR PT Railink Diah Suryandari, Jumat (26/5).

Meski telah menerapkan kisaran harga sebagai gambaran awal, PT Railink belum menentukan kepastian tarif kereta bandara.

Diah menjanjikan, dalam waktu dekat, pihaknya akan mengumumkan tarif kereta bandara tersebut setelah ada kesepakatan.

Diah juga menyampaikan, ada kemungkinan perbedaan harga tiket bagi penumpang yang naik kereta bandara dari stasiun berbeda.

Adapun rute yang ditetapkan PT KAI Daerah Operasional 1 Jakarta untuk layanan kereta bandara adalah dari Stasiun Manggarai, Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper, dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.

“Harga tiket penumpang yang naik dari Stasiun Manggarai dengan yang dari Stasiun Baru Ceper, misalnya, akan kami bedakan,” kata Diah.

Persiapan operasional layanan kereta Bandara Soekarno-Hatta sudah sampai tahap akhir. Pihak PT Angkasa Pura II selaku yang bertanggung jawab membangun stasiun mengaku telah merampungkan bagiannya.

Sementara itu, bagian yang menjadi tanggung jawab PT KAI, yakni terkait sarana dan prasarana rel serta kereta api, juga hampir rampung.

Salah satu anak usaha PT KAI, PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ), tengah memperluas peron stasiun relasi Duri-Tangerang untuk mengakomodasi layanan kereta bandara yang akan lewat sana.

 

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!