Kenapa Korban Kekerasan Seksual Anak Selalu Bungkam? Ini Penjelasannya – Palu Ekspres
Kesehatan

Kenapa Korban Kekerasan Seksual Anak Selalu Bungkam? Ini Penjelasannya

Kekerasan seksual anak

JAKARTA, PE – para korban kekerasan seksual acapkali mempunyai citra diri yang rendah. Karena riwayat kekerasan bisa membuat alam bawah sadar korban merasa layak diperlakukan dengan kekerasan.

Khususnya untuk kasus kekerasan seksual yang korbannya adalah anak kecil. Semakin kecil usia korban dan semakin lama dia menjadi korban kekerasan seksual, maka semakin rendah self esteem alias citra diri.

Menurut Spesialis kejiwaan dr Aimee Nugroho SpKJ, self esteem yang rendah cenderung membuat korban bungkam. Atau bila ada pencetusnya, korban baru merasa perlu untuk melapor pada polisi. Padahal, semakin lama seseorang menjadi korban kekerasan seksual, bisa jadi semakin kompleks penyakit jiwanya. ’’Penyembuhannya pun bisa semakin lama,’’ ucap Aimee.

Rangkaian pengobatan untuk korban kekerasan seksual disesuaikan dengan gejala yang dirasakan pasien. Yang pasti, pertama pasien diajak konseling untuk menyembuhkan trauma yang dialami.

Untuk gejala depresi saja, pengobatan bisa berlangsung enam bulan. Namun bila sudah ada gangguan kepribadian borderline, maka harus dibantu dengan support group atau hypnotherapy. Dan masa pengobatannya pun bisa lebih lama.

(MS/PE)

Click to comment
To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!