Kemenhub Kucurkan Rp27 Miliar untuk Lima Ruas Jalan Nasional – Palu Ekspres
Daerah

Kemenhub Kucurkan Rp27 Miliar untuk Lima Ruas Jalan Nasional

BERI PENJELASAN - Kepala LLAJ-SPD Sulampua, Ahmadi (Tengah) didampingi Kepala Dishub Sulteng Haris Renggah menjelaskan beberapa program LLAJ tahun 2017. foto HAMDI ANWAR/pe

PALU EKSPRES, PALU – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI tahun ini mengucurkan anggaran Rp27miliar untuk peningkatan lima ruas jalan nasional di wilayah Sulteng. Kepala LLAJ-SPD Wilayah Regional Sulawesi, Maluku, Papua (Sulampua), Ahmadi menyebutkan, lima ruas jalan nasional yang akan segera ditingkatkan itu adalah jalan utama yang menghubungkan lintas kabupaten dan provinsi.

Kelima ruas jalan antara lain ruas jalan batas Provinsi Gorontalo dan Kota Palu di Kecamatan Tawaeli. Kemudian ruas Watusampu Kabupaten Donggala menuju Surumana perbatasan Sulawesi Barat.

Kemudian ruas jalan Lambunu Kabupaten Poso. Ruas Jalan Toboli menuju Bunta Kabupaten Banggai. Ruas jalan Bunta ke Batui diteruskan ke ruas jalan Bahonsuai Kabupaten Morowali.

“Yang jelas kita akan upayakan tahun ini memprioritaskan jalan nasional yang ada di Kota Palu menuju Donggala dan Gorontalo,”jelas Ahmadi.

Peningkatan ruas jalan nasional tersebut menurutnya akan dilengkapi dengan marka dan perlengkapan standar jalan nasional lainnya termasuk rambu lalulintas.

“Kedepan kami berharap seluruh jalan nasional di Sulteng ini bisa sesuai standar,”harapnya.

Selain peningkatan ruas jalan nasional, pihaknya sambung Ahmadi juga berencana membangun sebuah dermaga di Kabupaten Luwuk Banggai. Sebuah dermaga yang sipersiapkan sebagai penghubung jalur laut dari arah pesisir barat Sulawesi Tengah.

“Kami berpikir harus ada dermaga laut di luwuk untuk jalur angkut hasil sumber daya alam,”pungkasnya.

(mdi/Palu Ekspres)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!