Keluar Negeri Harus Izin Gubernur – Palu Ekspres
Daerah

Keluar Negeri Harus Izin Gubernur

LANTIK BUPATI - Gubernur Sulteng H Longki Djanggola menyematkan tanda jabatan Bupati dan Wakil Bupati Banggai Kepulauan periode 2017-2022, Zainal Mus dan H Rais H Adam, Senin 22 Mei 2017 di Gedung Pogombo kompleks Kantor Gubernur Sulteng. foto HAMDI ANWAR /pe

PALU EKSPRES, PALU – Gubernur Sulteng H Longki Djanggola menyinggung adanya kepala daerah di Sulteng yang sering melakukan perjalanan keluar negeri tanpa mendapat izin gubernur. Dalam ketentuan yang ada jelas Longki, kepala daerah level gubernur dan wakil harus mendapat izin Presiden melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Sedangkan kepala daerah level bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakil walikota harus mendapat izin dari Mendagri melalui gubernur. “Faktanya memang ada kepala daerah di Sulteng yang tidak memperhatikan itu,”singgung Longki usai mengambil sumpah  Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Banggai Kepulauan terpilih periode 2017-2018, Zainal Mus-H Rais H Adam, Senin (22/5) di Gedung Pogombo, kompleks Kantor Gubernur Sulteng.

Sayangnya,  Longki tidak menyebut siapa kepala daerah yang dimaksud. Longki hanya mengingatkan pentingnya izin Mendagri melalui Gubernur. Ini menurutnya berlaku bagi kepala daerah dan wakil serta seluruh Anggota DPRD.

“Jangan percaya dengan istilah-istilah by pass. Saya pastikan Mendagri tidak akan melayani jika tanpa sepengetahuan dan izin Gubernur,”tegas Longki.

Mekanisme perizinan perjalanan ke luar negeri bagi kepala daerah menurutnya telah diatur dalam Permendagri nomor 29 tahun 2016 tentang pedoman perjalanan dinas luar negeri dan pemerintah daerah, kepala daerah dan wakil kepala daerah, pimpinan dan anggota DPRD.

Diapun berharap ini menjadi perhatian bagi Bupati-Wakil Bupati Bangkep terpilih. Menurutnya perhatian mengenai mekanisme izin adalah tolak ukur komitmen kepala daerah dalam menegakkan aturan.

“Itu bentuk loyalitas kepala daerah dalam berbangsa dan bernegara,”jelasnya.

Kepada Bupati-Wakil Bupati Bangkep, Longki berpesan senantiasa menjaga harmonisasi dalam menyelenggarakan roda pemerintahan. Memahami akan tugas dan fungsi yang melekat pada masing-masing jabatan.

“Contohnya saya dengan wakil gubernur Almarhum Sudarto. Saya sangat mengagumi dedikasi beliau. Kami menjalankan tugas masing-masing tanpa pernah berbeda pendapat,”kenangnya.

Sebagai wakil pemerintah pusat, Longki juga mengingatkan keduanya untuk segera menindaklanjuti segala program yang sedang bergulir. Utamanya hal-hal yang berkaitan dengan pelimpahan kewenangan sejumlah urusan pemerintah daerah ke pemerintah provinsi.

“Saya yakin Bupati dan Wakil Bupati Bangkep terpilih mampu menjalankan semua itu dengan baik. Apalagi pak bupati sudah punya pengalaman yang memadai,”demikian Longki.

(mdi/Palu Ekspres)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!