Kasihan, Telantar di Jakarta, Jemaah Umroh Terpaksa… – Palu Ekspres
Nasional

Kasihan, Telantar di Jakarta, Jemaah Umroh Terpaksa…

PALU EKSPRES, SITUBONDO – Sebanyak 32 orang dari 44 calon jemaah umroh asal Situbondo, Jatim sudah kembali ke rumah mereka masing-masing. Sebelumnya, mereka sempat telantar selama sepuluh hari di Jakarta.

Sejak Selasa dini hari, 32 calon jamaah umroh sudah kembali ke rumah mereka masing-masing karena tidak kepastian pemberangkatan dari pihak First Travel.

Para jemah tertarik mengikuti First Travel karena harganya murah. Berdalih harga promo, para jemaah hanya dikenakan biaya Rp 14 juta.

Kini para jemaah mengaku kecewa karena masih banyak beban biaya ditanggung jamaah. Di antaranya mereka dibebani ongkos carter pesawat dari Bandara Juanda Surabaya ke Jakarta.

Para jemaah masih dikenakan biaya Rp 2,5 juta. Total biaya dikeluarkan setiap calon jemaah umroh sebesar Rp 20 jutaan. Seperti Lia, salah satu dari jemaah yang seharusnya berangkat ke Tanah Suci pada 12 Mei lalu. Lia berharap bisa diberangkatkan karena visa berakhir 19 Juni mendatang.

“Kalau pun tak bisa diberangkatkan, saya minta pihak First Travel mengembalikan semua uang saya,” kata Lia.

Kementerian Agama Situbondo menyatakan sudah mengingatkan warga yang ingin menunaikan ibadah umroh agar berhati-hati. Sudah ada beberapa perusahaan travel umroh yang ternyata tak memiliki izin resmi.

“Atau masa izinnya sudah habis,” ujar Maulana Ahmad Ridho, Kasi Haji Dan Umroh Kemenag Situbondo.

Dia berharap calon jemaah umroh berhati-hati.

“Apa lagi sudah ada surat edaran dari Kemenhumkam bahwa calon jemaah umroh yang akan mengurus paspor diwajibkan mendapatkan rekomendasi dari kantor kementerian agama setempat. Jika tidak kantor imigrasi tidak akan mengeluarkan paspor,” pungkas Maulana.

(pul/jpnn)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top