Kamu Mimisan? Begini Cara yang Benar untuk Mengatasinya – Palu Ekspres
Kesehatan

Kamu Mimisan? Begini Cara yang Benar untuk Mengatasinya

PALU EKSPRES, JAKARTA – Epixtaxis atau mimisan adalah masalah kesehatan yang umum dan dapat terjadi pada siapa saja. Kondisi ini biasa terjadi ketika terjadi pendarahan pada lapisan dalam hidung.

Mimisan seringkali terjadi pada bagian depan nasal septum, area yang memisahkan kedua lubang hidung. Mereka yang menderita sinusitis, gangguan pendarahan, hipertensi dan alergi nasal adalah mereka yang paling rentan mengalami mimisan.

Lalu apa yang perlu Anda lakukan saat Anda atau orang di dekat Anda mengalami mimisan? Beberapa hal ini wajib diperhatikan:

1. Posisi kepala

Pertama-tama, duduk dan posisikan kepala dengan menunduk ke depan, bukan ke belakang, karena darah dapat mengalir menuju tenggorokan dan menyebabkan tersedak. Cubit bagian paling bawah hidung untuk mengurangi aliran darah. Jika tidak juga berhenti, biarkan darah mengalir sebanyak mungkin dan gunakan handuk untuk menampung darah. Pastikan Anda tetap duduk dan tidak berbaring, karena dapat meningkatkan resiko asphyxia (kurangnya kandungan oksigen dalam darah dan ketidakmamuan untuk melepas karbondioksida).

2. Kompres

Jika pendarahan tidak juga berhendi dalam beberapa menit, gunakan ibu jari dan telunjuk untuk menekan area bawah hidung (di bawah bagian keras lapisan dalam hidung) dimana terletakn pembuluh darah yang rusak. Cubit dan tahan selama kurang lebih 10 menit dan bernapas dengan menggunakan mulut, sambil menenangkan diri.

3. Cooling down

Anda juga dapat memanfaatkan es batu dengan cara memasukannya ke dalam mulut, cara ini dapat membantu menurunkan suhu tubuh lebih cepat. Cara ini sangat cocok bagi mereka yang mengalami mimisan akibat udara panas. Es krim dan air dingin juga memberikan efek yang serupa.

(ruf/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!