Kakanwil Ingatkan Bangun Kebersamaan di Lingkungan Madrasah – Palu Ekspres
Pendidikan

Kakanwil Ingatkan Bangun Kebersamaan di Lingkungan Madrasah

HARI PERTAMA SEKOLAH – Kakanwil Kemenag Sulteng, H. Abdullah Latopada (kiri), saat memberikan pengarahan hari pertama masuk madrasah, di MAN IC Palu, Senin 17 Juli 2017. IST.

PALU EKSPRES, PALU – Pada momen hari pertama masuk sekolah, Senin (17/7), Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng, H. Abdullah Latopada mengingatkan kepada seluruh pihak di lingkungan madrasah, untuk saling membangun kebersamaan yang penuh dengan kasih sayang.

Hal ini disampaikan Kakanwil Kemeng, saat memberikan pengarahan terkait hari pertama masuk Madrasah, di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Palu, Senin (17/7).

Kakanwil menekankan, baik antara para siswa yang senior dan yang baru, maupun antara guru dan siswa, harus saling mengenal satu sama lainnya, dengan penuh kasih sayang. Hal ini menurutnya, sebagai bagian dari praktik surah Al-Fatihah, yang menyebutkan tentang sifat Tuhan yang penuh kasih dan sayang.

Selain itu, Kakanwil juga mengingatkan tentang fungsi guru, yakni memberikan petunjuk kepada para siswa, tentang jalan yang lurus atau yang mesti diikuti serta jalan yang tidak baik atau yang harus dijauhi.

“Guru tidak boleh berlaku kasar kepada siswa, peranan guru adalah menunjukkan mana jalan yang lurus dan mana jalan yang tidak baik. Tentunya dengan suasanya yang penuh kasih sayang, bukan dibaluti kebencian, jadilah orang tua yang mewakili para orang tua siswa ketika berada di sekolah,” ujar Kakanwil.

Dengan prinsip kasih sayang tersebut, Kakanwil menegaskan, ke depan para siswa akan tampil sebagai generasi yang menjunjung tinggi, Islam sebagai rahmatan lil alamin (rahmat bagi seluruh alam), yang menyayangi semua ciptaan Tuhan, menyayangi semua manusia, tanpa membedakan warna kulit, agama ataupun suku.

“Nantinya kalian jadi dokter, insinyur, atau menjalani profesi apapun, tunjukkan bahwa agama bisa memberi senyum kepada orang lain, menyayangi orang lain, bukan menjadi orang yang mencaci maki orang lain, dan suka menghantam kiri kanan,” ujarnya lagi.

Kakanwil juga berpesan, agar para siswa, dapat berlaku jujur serta saling bijaksana dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini agar para siswa dapat saling mengenal satu sam lain, meskipun berasal dari latar belakang dan karakter yang berbeda-beda.

(abr/Palu Ekspres)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top