Kadisdik Dukung Perayaan Hari Besar Keagamaan di Sekolah – Palu Ekspres
Pendidikan

Kadisdik Dukung Perayaan Hari Besar Keagamaan di Sekolah

NYEPI – Suasana perayaan Nyepi siswa-siswi Hindu di SMPN 14 Palu. IST

PALU EKSPRES, PALU – Kepala Dinas Pendidikan Kota Palu, H. Ansyar Sutiadi mendukung diselenggarakannya peringatan atau perayaan hari-hari besar keagamaan di sekolah-sekolah. Menurutnya, kegiatan-kegiatan keagamaan yang melibatkan para siswa, merupakan salah satu implementasi dari visi misi pemerintah Kota Palu, yakni terkait penanaman nilai-nilai kebangsaan dan pendidikan karakter.

“Kita ingin terus mendorong nilai-nilai luhur bangsa Indonesia, nilai kekeluargaan, nilai toleransi, nilai gotong royong dalam kehidupan masyarakat,” kata Ansyar, saat menghadiri peringatan Nyepi siswa-siswi Hindu SMP se-Kota Palu, di SMPN 14 Palu, Jumat 6 April 2018.

Ansyar juga menegaskan, mulai tahun depan kegiatan-kegiatan keagamaan wajib dilaksanakan di sekolah-sekolah, dengan pelaksanaan yang dapat digilir di tiap-tiap sekolah.

“Kami saat ini mendorong generasi kita, terkait nilai-nilai agama, budaya, kekeluargaan dan gotong royong. Olehnya bukan hanya agama Hindu saja menyelengarakan kegiatan seperti ini, agama lain juga. Saya sudah sampaikan kepada yang beragama Kristen, agar membuat perayaan Natal dengan melibatkan peserta didik,” tutur Ansyar.

Ansyar menuturkan, pemerintah Kota Palu menginginkan semua masyarakat di Kota Palu memiliki iman dan takwa yang berkualitas, sesuai dengan keyakinannya masing-masing. Penanaman nilai-nilai agama secara berkualitas, kata Ansyar perlu dilakukan karena agama mengajarkan kebaikan dan perdamaian. Olehnya, melalui agama dan budaya tersebut dapat menjadi perekat dalam menjaga persatuan.

“Sehingga, sejak tahun 2017 Pemkot mendorong tambahan jam pembelajaran agama, ke semua agama yang diakui di Indonesia. Tujuannya, untuk menambah jam pelajaran agama, karena kami sadar jam pelajaran agama yang ada di sekolah formal di semua jenjang itu hanya dua jam per pekan,” demikian Ansyar.

(abr/Palu Ekspres)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!