Kabonena Puenjidi Festival II Angkat Budaya dan Tradisi Lokal – Palu Ekspres
Palu

Kabonena Puenjidi Festival II Angkat Budaya dan Tradisi Lokal

POMONTE MASSAL – Tarian tradisional Pomonte massal mewarnai kegiatan pembukaan Kabonena Puenjidi Festival II 2017. DOK. KPK

PALU EKSPRES, PALU – Gema seni budaya dan tradisi lokal masyarakat Kaili kembali bergaung. Kali ini melalui Kabonena Puenjidi Festival II 2017, yang digelar oleh Pemerintah Kelurahan Kabonena, bekerjasama dengan Kerukunan Pemuda Kabonena (KPK) dan Asosiasi Seniman Musik Indonesia (ASMI) Kota Palu.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana, Mila, Kegiatan yang digelar pada 5-9 Oktober 2017 di kompleks Perumahan Kabonena Permai tersebut, berupaya mengangkat nilai-nilai kebudayaan dan tradisi lokal masyarakat Kaili. Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan peringatan HUT ke-3 ASMI Kota Palu.

“Intinya, pada kegiatan ini kami mengangkat budaya dan tradisi lokal adat Kaili. Dalam iven ini ada penampilan seni musik religi, penampilan sanggar-sanggar seni serta band lokal Palu. Juga, kita menampilkan dua tarian tradisional, yakni Pomonte dan Mokambu,” jelasnya.

Pada pembukaan kegiatan Kabonena Puenjidi Festival II tahun 2017, turut diadakan karnaval budaya yang melibatkan warga Kecamatan Ulujadi, serta perwakilan sekolah-sekolah yang terdapat di sekitar Kecamatan Ulujadi. Selain itu, turut digelar jalan santai untuk meramaikan kegiatan tersebut.

Ketua ASMI Kota Palu, Hamzah S Kundje menambahkan, sebelum kegiatan tersebut digelar, terlebih dahulu panitia penyelenggara melaksanakan ziarah ke makam Puenjidi. Hal ini dilakukan, sebagai bentuk penghargaan sekaligus mendoakan mendiang Raja Kabonena tersebut.

“Ini merupakan bentuk dukungan terhadap program kerja pemerintah Kota Palu, yakni mengangkat kembali budaya tradisi yang ada di Kelurahan,” katanya menambahkan.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Kota Palu, Rifani menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan Kabonena Puenjidi Festival II tahu 2017. Menurutnya, kegiatan ini dapat menjadi ajang pelestarian budaya, dan tradisi lokal masyarakat Palu.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang mengangkat tradisi dan budaya seperti ini. Dengan kegiatan ini, akan terjalalin silaturahim yang baik antarmasyarakat, dan menjadi jalan untuk melestarikan budaya lokal masyarakat kita,” ujar Rifani.

(mg2/abr/Palu Ekspres)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top