Jelang Puasa, Harga Beras Mulai Naik – Palu Ekspres
Ekonomi

Jelang Puasa, Harga Beras Mulai Naik

Ilustrasi google image

PALU EKSPRES, TUBAN – Harga berbagai jenis beras di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Tuban, Jatim terus merangkak naik jelang Ramadan.

Kenaikan rata-rata berkisar Rp100,- per kilogram tiap harinya. Meski kenaikan tidak signifikan, tapi itu tetap membuat cemas warga.

Seperti yang terpantau di Pasar Baru Tuban. Kenaikan terjadi merata pada semua jenis beras. Baik untuk beras kualitas rendah, medium, hingga kualitas super. Harga beras dengan kualitas rendah kini berkisar Rp7.600,- per kilogram.

Sementara beras standar dengan kualitas medium kini menjadi Rp8.700,- per kilogram. Kemudian beras dengan kualitas super poles, kini berada di kisaran Rp11.000,- per kilogram.

Para pedagang menuturkan kenaikan harga beras ini, mulai terasa sejak sepekan lalu. Kenaikan harga terjadi secara bertahap antara satu hingga dua hari sekali.

Selain hasil panen yang menurun. Kenaikan harga beras ini, diduga akibat tingginya harga gabah petani, pada musim panen ini. Saat ini, harga gabah kering giling di tingkat petani mencapai kisaran Rp5.200,- per kilogram.

Para pedagang memperkirakan, kenaikan harga beras ini, masih akan terus terjadi setidaknya hingga usai lebaran mendatang. Hal ini juga dipicu permintaan beras yang terus meningkat, terutama makin mendekati Ramadan ini.

(pul/jpnn)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top