Jelang Pilkada Parimo 2017, 69 Orang Anggota Panwascam Dilantik – Palu Ekspres
Daerah

Jelang Pilkada Parimo 2017, 69 Orang Anggota Panwascam Dilantik

DILANTIK - Ketua Panwaslu Kabupaten Parimo, Muhlis Aswad, saat membacakan sumpah dan janji pada Pelantikan Anggota Panwascam dari 23 Kecamatan Se-Kabupaten Parimo di salah satu Hotel di Parigi, Kamis (26/10/2017).FOTO : ASWADIN/PE.

PALU EKSPRES, PARIGI – Sebanyak 69 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang lulus dari hasil tes wawancara beberapa waktu lalu untuk bertugas pada Pilkada di Kabupaten Parigi Moutong tahun 2018, dilantik dan diambil sumpahnya di salah satu Hotel di Parigi, Kamis (26/10).

Wakil Bupati Parigi Moutong H.Badrun Nggai dalam sambutannya mengatakan, atas nama Pemerintah Daerah (Pemda) mengucapkan selamat kepada anggota Panwascam se-Kabupaten Parigi Moutong yang sudah dilantik.

“Jadi untuk yang sudah dilantik, hati-hati dengan sumpah, saya juga dulu begitu waktu masih jadi Pegawai Negeri disumpah kiri kanan naik jabatan atau sama jabatan tetap disumpah,”ujarnya.

Menurutnya, sumpah ini tujuannya untuk mengingatkan untuk menghindari dan tidak berbuat pelanggaran hukum di dalam menjalankan tugas- tugas negara. Sehingga, jika suatu saat melakukan pelanggaran, langsung mengingat sumpah tersebut.

Lanjut dia, anggota Panwas yang dilantik ini berjumlah 69 orang dari 23 Kecamatan se-Kabupaten Parigi Moutong, yang setiap Kecamatan terdiri dari tiga orang.

“Semoga dengan terpilihnya saudara-saudara sebagai anggota Panwascam Parimo yang sudah dilantik hari ini, dapat bekerja secara profesional dan menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pengawas di tingkat Kecamatan benar-benar dapat dilaksanakan sesuai dengan aturan-aturanya,” tegasnya.

Sementara itu Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Parigi Moutong Muhlis Aswad mengatakan, pihaknya merasa senang dan bahagia dengan kehadiran anggota Panwascam terpilih dan akan mengawal Pesta Demokrasi di Kabupaten Parigi Moutong pada tanggal 27 Juni tahun 2018 mendatang.

“Kami percaya, dan hari ini kami yakinkan kepada para anggota Panwascam yang ada, bahwa kehadiran saudara disini bukan hanya secara kebetulan tetapi dengan melalui proses yang cukup panjang, dan membutuhkan energi, waktu, bahkan biaya, Alhamdillah semua membuahkan hasil seperti apa yang kita telah saksikan pada hari ini,” katanya.

Ia mengatakan, kegiatan ini memang sangat penting karena kata dia, tidak inginkan sebuah pelaksanaan Pilkada tanpa kehadiran oleh Pengawas. Karena dalam struktur tata Negara Indonesia, menjadi bagian penting yang diharapkan menjadi Pilar penentu suksesnya pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Parimo, selain KPU.

“Dan Insya Allah kehadiran teman-teman kami di jajaran bawah ini, (PPK dan PPS), mampu memberikan pengawalan terhadap Demokrasi yang hari ini sudah berada di tahapan yang lebih jauh.” ujarnya.

Dia menambahkan, bahwa ada amanat dari Bawaslu Provinsi yang berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Parimo yang hingga saat ini belum dilakukan penandatanganan PHD oleh Ketua Bawaslu Provinsi Sulteng, bahwa memang PHD di Kabupaten Parimo belum ditandatangani.

“Tapi Insya Allah segenap Pimpinan kami di daerah parimo ini sudah menyepakati itu dan semua hal yang di butuhkan sudah selesai’ sekarang kami tinggal menunggu Jadwal untuk melakukan penandatanganan.

(mg4/Palu Ekspres)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!