Jelang Lebaran, Perjalanan Dinas Anggota DPRD Meningkat – Palu Ekspres
Palu

Jelang Lebaran, Perjalanan Dinas Anggota DPRD Meningkat

MUHAMMAD RUM

PALU EKSPRES, PALU – Agenda perjalanan dinas Anggota DPRD Kota Palu belakangan meningkat. Mendekati lebaran kuantitasnya bahkan makin intens. Paling intens dilakukan anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapperda).

Itu lantaran Bapperda pada masa sidang catur wulan (Cawu) II yang baru diparipurnakan awal Juni silam, akan membahas dua buah rancangan peraturan daerah (Ranperda). Namun betul-betul fokus pada Ranperda tentang penyertaan modal bagi BUMD PT Bangun Palu Sulteng (BPS). BUMD pengelolah bisnis dalam kawasan ekonomi khusus (KEK) Palu.

Untuk Ranperda itu, anggota Bapperda bahkan telah beberapa kali melakukan perjalanan dinas dengan alasan kunjungan kerja. Anggota Bapperda diantaranya Joppy Alvi Kekung, Ronald, Anwar Lanasi, Efendi, Rum, Ridwan Alimuda, Tansil Ismail, H Nasir dan H Nanang.

Dalam catatan wartawan peliput kegiatan dewan, anggota Bapperda itu berangkat ke Dewan Nasional KEK di Jakarta pada 29 Mei 2017 silam.

Data yang dihimpun dari sekretariat DPRD, biaya perjalanan dinas anggota dalam sekali jalan bisa menembus angka Rp9 sampai Rp10juta. Tiket pesawat pulang balik Jakarta -Palu diperkirakan Rp6juta lebih. Transportasi dan akomodasi berkisar Rp3 sampai Rp4 lebih.

Pada 6 Juni silam, Bapperda kembali berangkat menggunakan APBD ke Jakarta. Padahal, Bapperda telah merekomendasikan pembahasan Ranperda penyertaan modal kepada panitia khusus (Pansus). Alasan Bapperda kali ini konsultasi ke Kementerian Hukum dan HAM terkait nilai aprasial untuk penyertaan modal.

Informasi yang diperoleh dari sumber terpercaya di sekretariat dewan hanya dua dari sekian anggota Bapperda yang tidak ikut pada kunker dua di KemenkumHAM.

Padahal sebelumnya pada Mei silam Bapperda juga sudah pernah Berkonsultasi Ke Kemendagri soal perda penyertaan modal tersebut. Badan Anggaran (Banggar) DPRD Palu tak kalah hebat.

Rombongan anggota Banggar dikabarkan berangkat ke Jakarta pada 10 Juni 2017 pekan lalu. Selasa pekan lalu didapat lagi informasi tiga anggota lainnya kembali Kunker. Masing-masing Danawira Asri menuju Bandung. Dan Tompa Yotokodo bersama Muhlis Yabi ke Jakarta Balikpapan belajar soal perda inisiatif

Data dari lingkup sekretariat, Rabu 21 Juni pekan ini, Anggota Pansus dua ranperda direncanakan kunker lagi untuk ke Jakarta. Kini dalihnya akan berkonsultasi ke Kementerian Keuangan terkait pembayaran ganti rugi lahan masyarakat dalam KEK Palu. Sekaligus membawa lagi masalah Ranperda penyertaan modal bagi PT BPS.

Ketua Bapperda DPRD Palu, Moh Rum dikonfirmasi membenarkan dirinya dua kali konsultasi terkait Ranperda penyertaan modal itu. Masing-masing konsultasi ke KemenkumHAM dan Dirjen OTDA Kemendagri.

“Kalau saya memang dua kali. Tapi saya tidak tau anggota lainnya,”kata Rum kepada wartawan, Senin 19 Juni 2017. Ditanya soal koordinasi konsultasi anggota Baperda lainnya dengan materi yang sama, Rum tak mau memberi keterangan. “Kalau itu saya tidak tau. Silahkan tanya langsung,” kata Rum, berlalu pergi.

Anggota lain yang dikonfirmasi terkait perjalanan dinasnya adalah Rugaya. Namun Rugaya ‘ogah’ merespon wartawan dengan pertanyaan seputar perjalanan dinas.
Sekwan DPRD Palu, Rosida Thalib dikonfirmasi berikutnya membenarkan data perjalanan dinas itu.

Namun sebenarnya kata Sekwan, anggota Bapperda hanya boleh sekali melakukan perjalanan dinas. Berbeda halnya dengan Pansus.

“Mungkin keberangkatan dua kali itu yang tidak lagi atas nama Bapperda melainkan komisi,”jelas Sekwan. Menurutnya jatah perjalanan dinas bagi anggota dewan pada prinsipnya sudah ditetapkan dalam setahun anggaran. Jatah disesuaikan dengan jabatannya pada alat kelengkapan dewan.

Jatah itu diluar agenda-agenda insidentil. “Jadi bisa saja dua kali dalam sebulan dua kali. Misalnya yang pertama dengan kapasitas Bapperda dan kedua sebagai komisi,”demikian Sekwan.

(mdi/Palu Ekspres)

 

Click to comment

BERITA POPULER

To Top