Jangan Asal Ikut-ikutan April Mop, Simak Nih Hadisnya Kenapa ada Larangan dalam Islam – Palu Ekspres
Agama

Jangan Asal Ikut-ikutan April Mop, Simak Nih Hadisnya Kenapa ada Larangan dalam Islam

PALU ESKPRES, JAKARTA – Tradisi April Mop yang dilakukan saat tanggal satu bulan April memang sudah lama dilakukan.

Setidaknya telah berjalan di Prancis sejak tahun 1582. Dan di Spanyol sejak 1978. Dalam perjalananya, tradisi ini menyebar di hampir seluruh belahan dunia.

Sampai-sampai kelompok Timur pun, seperti negara-negara Islam, masyarakatnya mempraktekkan April Mop, sebagai cara untuk membuat lelucon dengan berbohong tanpa disalahkan.

Nah, untuk masyarakat Indonesia yang mayoritas berpenduduk Muslim, apakah April Mop bisa dilakukan dengan alasan apa pun?

Syekh Yusuf Qaradhawi mempunyai berbagai argumentasi dengan bersandarkan pada beberapa hadis. Berikut ulasannya:

Syekh Yusuf Qaradhawi

Di mata Islam menurut Syekh Yusuf Qaradhawi, berbohong adalah akhlak yang buruk dan hina. Syariat Islam menganggap bohong bisa menjauhkan iman serta dikategorikan sebagai tanda-tanda orang yang munafik. Dan di April Mop, orang-orang melakukan kebohongan itu.

“Neraka Wail bagi orang yang mengucapkan perkataan untuk membuat orang lain tertawa dengan berkata dusta dan celakalah dia.” (HR Tirmidzi, Abu Daud, dan Nasai). Demikian Syekh Qaradhawi mengutip sebuah hadits.

Seperti diketahui, berbohong saat April Mop bertujuan membuat korbannya takut dan kaget. Ini dilakukan dengan sengaja, karena tak akan dipermasalahkan kemudian. Dengan alsaan, kan ini April Mop.

Menanggapi alasan tersebut, Syekh Qaradhawi mengatakan hal itu dilarang. Hendaklah setiap Muslim tidak menakut–nakuti Muslim yang lainnya walaupun niatnya hanya bercanda.

Bahkan Ia mengutip dan menyimpulkan tentang kejadian yang pernah dilakukan oleh sahabat Rasulullah SAW, bahwa berdusta dengan niat berkelakar haram hukumnya.

Setidaknya ada empat alasan kenapa hal itu dilarang menurut Syekh.

Pertama,bohong adalah perbuatan yang diharamkan oleh Allah SWT dan Rasul–Nya. Kedua, perbuatan menakut–nakuti seseorang dengan sengaja dapat membuat orang lain kesusahan dan dapat merembet ke keluarganya. Tidak ada alasan yang membenarkan perbuatan tersebut.

Ketiga, perbuatan dusta berarti menghianati seseorang karena orang itu sesungguhnya telah percaya kepada yang sudah membohonginya. Dan yang terakhir, April Mop merupakan sebuah kebiasaan yang buruk serta tradisi yang bukan berasal dari Islam.

(MS/Palu Ekspres)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!