Jadikan Ramadan Inspirasi Peningkatan Kebaikan – Palu Ekspres
Agama

Jadikan Ramadan Inspirasi Peningkatan Kebaikan

PALU EKSPRES, BANGGAI – Secara alami, manusia memiliki emosi ataupun keinginan-keinginan, yang mengarah pada kebaikan dan keburukan. Melalui bulan Ramadan, diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi seluruh manusia, untuk lebih terpacu dalam berbuat kebaikan. Melalui kebiasaan di bulan Ramadan, diharapkan dapat menjadi muara peningkatan nilai-nilai kebaikan, dalam mengisi kehidupan di sebelas bulan berikutnya.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng, H. Abdullah Latopada, pada pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN), Kantor Urusan Agama (KUA), penyuluh dan penghulu pada Kantor Kemenag Kabupaten Banggai, dalam kunjungan kerjanya di bulan Ramadan, 4-5 Juni 2017.

“Kita semua tahu, bahwa puasa Ramadan ini membentuk Karakter Muslim yang sejati, Puasa tidak hanya dilihat dari sisi ibadahnya atau karena diberikan-Nya pahala yang berlipat ganda. Karena orang yang berpuasa Ramadan tidak hanya menahan nafsu, lapar haus dan dahaga, namun juga bagaimana pengelolaan emosi dalam diri kita apakah itu emosi yang baik atau buruk,” jelasnya.

Salah satu contohnya, peningkatan nilai-nilai kebaikan, dapat diperoleh melalui forum Majelis Ta’lim “Hubbul Wathan”, yang di dalamnya dapat menjadi wadah, antar Majelis Ta’lim untuk bersilaturahmi dan meningkatkan ilmu keislaman (tarbiyah Islamiyah).

“Adanya materi keislaman (tarbiyah Islamiyah) dalam forum Majelis Ta’lim tersebut, dapat menjadi wadah interaksi, bagi masyarakat dan juga Kementerian Agama, khususnya pada Kanwil Kemenag Sulteng dan Kemenag Kabupaten Kota, untuk dapat mengambil peran langsung di masyarakat, memberikan pembinaan, pencerahan dan pemahaman Islam yang lurus sesuai Al-Quran dan sunnah Islam rahmatan lil’alamiin, dan juga pemahaman kebangsaan sesuai amanat Pancasila,” ujar Abdullah.

Forum Majelis Ta’lim yang digagas oleh Kakanwil tersebut, nantinya akan terdiri dari empat kelompok, yakni Forum Majelis Ta’lim untuk Ibu-ibu, Forum Majelis Ta’lim untuk Bapak-bapak, Forum Majelis Ta’lim untuk remaja Putra dan Forum Majelis Ta’lim untuk Remaja Putri.

Forum Majelis Ta’lim ini diberi nama “Hubbul Wathan”, sesuai artinya yakni “Cinta Tanah Air”, yang menurut Abdullah, selaras dengan pengamalan Pancasila, dan juga pengamalan nilai-nilai keislaman di tengah-tengah masyarakat. Kanwil Kemenag Sulteng menargetkan, forum tersebut dapat terbentuk, pada akhir bulan Agustus 2017 mendatang.

Forum ini nantinya, akan berada di bawah binaan Kantor Kemenag di tiap Kabupaten dan Kota, dalam hal ini Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam. Sedangkan untuk tingkat Kecamatan dan tingkat Desa atau Kelurahan, Forum Majelis Ta’lim Hubbul Wathan, akan berada di bawah binaan Kepala KUA Kecamatan.

Pembinaan yang dimaksud, ialah melibatkan penyuluh Agama Islam, baik ASN maupun non-ASN, serta guru-guru Agama Islam di wilayahnya masing-masing.

(abr/Palu Ekspres)

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!