Investor Janji Bangun PLTU di Kawasan KEK – Palu Ekspres
Daerah

Investor Janji Bangun PLTU di Kawasan KEK

TERIMA INVESTOR – Gubernur Sulawesi Tengah menerima investor PT Dalle Resousis Energi terkait rencana pembangunan pembangkit listrik  2 X 300 Mega di lokasi KEK, Kamis, 7 April 2016. (HUMAS/PE)

PALU, PE – Wajah Gubernur Sulteng Longki Djanggola tambak semringah. Ia terus mengumbar senyum. Tidak saja kepada tetamu yang menyambanginya. Kepada para pejabat Pemrov yang mendampinginya, Gubernur Longki juga tak henti mengumbar senyum simaptik. Suasana ceria tampak terasa di ruangannya yang asri pada pagi, Kamis 7 April 2016.

Gubernur pantas gembira. Tetamu yang datang  memang bukan investor yang memburu keping nikel di kawasan Morowali, seperti kebanyakan selama ini.  Tapi investor dari PT Delle  Resousis Energi, yang berinvestasi membangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap  sebesar 2 x 300 Mega untuk kepentingan KEK Kota Palu.

Kepala BPM dan P2SPD Kristina Sandra Tobondo, yang mendampingi PT Dalle Resousis Energi, mengatakan, investor akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap sebesar 2 x 300 Mega untuk kepentingan KEK Kota Palu.  Perwakilan PT Dalle Resousis Energi, mengaku  sangat serius membangun Pembangit Listrik di Kota Palu. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan Listrik pada KEK Kota Palu, khususnya di lokasi KEK. Karena itu dukungan dari pemerintah sangat dibutuhkan untuk merealisasikan rencana tersebut.

Plh Sekda Kota Palu Dharma Gunawan, mengatakan  Pemerintah kota Palu akan memberikan fasilitasi terhadap semua kebutuhan termasuk tanah lokasi yang akan dibebaskan PT Dalle Resousis Energi.  Pemerintah Kota Palu mengharapkan keseriusan PT. Dalle Resusis Energi untuk dapat mewujudkan Pembangunan Pembangkit Listrik untuk kebutuhan KEK.

Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola, tak dapat menyembunyikan kegembiraannya. Sambil terus menebar senyum, Gubernur yang akan dilantik pada Juni nanti berharap  rencana Pembangunan Pembangkit Listrik oleh PT Dalle Resousis Energi sebesar 2 x 300 Mega dan jaringannya.

Pembangunan jaringan listrik itu, kata dia diharapkan menjadi jalan keluar terhadap kondisi  listrik khususnya di lokasi  KEK. Longki tampak meminta PT Dalle Resousis Energi,  benar – benar serius dengan rencana investasi yang yang digulirkan. Pemerintah Daerah Sulawesi Tengah katanya akan memberikan Fasilitasi sesuai kewenangan dan Peraturan Perundang – undangan yang berlaku sebagai bentuk  dukungan terhadap Pembangunan Pembangkit Listrik oleh PT. Dalle Resousis Energi.

Gubernur mengatakan,  Krisis Energi yang terjadi bukan hanya di Sulawesi Tengah tetapi terjadi secara nasional dan hal tersebut terjadi akibat adanya kesulitan dalam perizinan. Untuk itu Gubernur meminta agar ada pendampingan dalam pengurusan perizinan kepada Pemerintah Pusat. Selanjutnya perlu koordinasi dengan PLN untuk mempercepat seluruh proses agar percepatan Pembangunan Pembangkit Listrik dapat cepat direalisasikan. Selama ini kata dia, sudah banyak insvestor masuk di Sulawesi Tengh. Namun investasinya tidak terealisasi. (kia/*)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top