Ini Wilayah Terparah Akibat Banjir Tolitoli – Palu Ekspres
Daerah

Ini Wilayah Terparah Akibat Banjir Tolitoli

SERAHKAN- Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menyerahkan bantuan untuk korban banjir kepada Bupati Tolitoli Saleh Bantilan. FOTO: Madhy/PE

PALU EKSPRES, TOLITOLI – Bupati Tolitoli H. Moh. Saleh Bantilan, SH. MH mengatakan bencana yang terjadi di Kecamatan Baolan merupakan bencana yang terparah dibanding tujuh kecamatan yang terendam banjir di wilayah Kabupaten Toltioli.

“Bantuan–bantuan yang kita himpun melalui tanggap darurat yang dilakukan oleh Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah, FORKOPINDA, untuk menangani dan mengatasi semua apa yang terjadi dalam pemberian bantuan dari Pemerintah Daerah maupun relawan pasca banjir tersebut,” kata Bupati Tolitoli Saleh Bantilan pada sambutan selamat datang saat kunjungan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa ke Kabupaten Tolitoli.

Menurutnya, banjir pada tanggal 3 Juni lalu merupakan banjir yang terbesar, dikarenakan air pasang sedang naik sehingga ketinggian air menggenangi permukiman warga sangat lambat surut.

Oleh karena itu, sebagai Pemerintah Kabupaten Tolitoli mengharapkan kepada Menteri Sosial sebagai Pemerintah Pusat agar memperhatikan kepada masyarakat yang tertimpa bencana banjir.

“Sehingga dengan kedatangan Menteri dapat meringankan beban Pemerintah Daerah untuk mengatasi masyarakat yang tertimpa bencana banjir,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Tolitoli Hi. Abdul Rahman Hi. Budding yang juga Ketua Tanggap Darurat Bencana Kabupaten Tolitoli, mengatakan penduduk Kabupaten Tolitoli sekitar 230 jiwa dan mempunyai sepuluh kecamatan terendam banjir dan tanah longsor. Di antaranya, Kecamatan Dakopemean, Kecamatan Galang, Kecamatan Ogodeide, Kecamatan Lampasio, Kecamatan Dampal Utara, kecamatan Dondo dan Kecamatan Baolan.

“Sehingga dampak dari semua itu pipa rusak berat,” ujarnya.

Olehnya itu, masyarakat masih sangat sulit mendapatkan air bersih yang layak dipakai untuk dikomsumsi, serta terputusnya jalan dan jembatan.

Abdul Rahman menambahkan, dengan musibah ini mengakibatkan korban jiwa meninggal dunia sebanyak 5 orang dan kerugian material yang cukup besar.

(mg6/Palu Ekspres)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top