Ini Solusi Mendidik Anak Bila Kedua Orang tua Bekerja – Palu Ekspres
Pendidikan

Ini Solusi Mendidik Anak Bila Kedua Orang tua Bekerja

Ilustrasi google image

PALU EKSPRES, JAKARTA – Menitipkan anak menjadi solusi bila kedua orang tua sama-sama bekerja. Pakar psikologi perkembangan Universitas Airlangga Primatia Yogi Wulandari mengatakan, dalam melakukan kontrol harus dibedakan melalui siapa yang menjadi pihak ketiga, dari kalangan keluarga atau professional.

Sebab masing-masing mempunyai tantangan sendiri-sendiri. Contohnya, bila pihak ketiga adalah keluarga, sebaiknya orang tua melakukan kontrol dengan lebih halus. Apalagi, bila mereka adalah orang tua kita atau nenek dan kakek dari anak-anak kita.

Sebab mereka mempunyai ’’cara ’’ sendiri dalam mendidik anak. ’’Mereka sudah pernah membesarkan anak pada zamannya,’’ ucap perempuan yang akrab disapa Mima tersebut.

Kita juga tidak boleh saklek dalam mendidik anak. Supaya bisa dikombinasikan dengan cara orang tua kita dalam mendidik cucunya. Kedua, kita harus sering mengkomunikasikan secara langsung mengenai cara mendidik yang kita inginkan.

’’Sebagai anak, kita harus tetap merendah, menyampaikannya dengan cara yang merendah,’’ ujar Mima yang menempuh magister psikologi perkembangan di Universitas Gadjah Mada (UGM) tersebut.

Berbeda bila yang menjaga anak kita adalah Asisten Rumah Tangga (ART) atau babysitter. Mereka bisa dibilang kalangan professional. Karena kita membayarnya secara periodik. ’’Jadi yang kita lakukan adalah instruksi, mereka harus mengerjakanya,’’ terangnya.

Prev1 of 2

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!