Ini Lho, Anggota TNI Gadungan yang Tipu Penjual Pisang – Palu Ekspres
Palu

Ini Lho, Anggota TNI Gadungan yang Tipu Penjual Pisang

PALU, PE – Suwardi Madina (SM) seorang pria warga Kelurahan Tondo Palu terpaksa harus berurusan dengan penegak hukum. Kamis 23 Februari 2017 pria ini ditangkap Anggota Intel Korem 132 Tadulako untuk selanjutnya diserahkan ke Polres Palu.

Suwardi berhasil menipu seorang warga Jalan Setia Budi Palu yang berprofesi sebagai penjual pisang goreng. Suwardi dalam aksinya mengaku dirinya adalah anggota Intel TNI 714. Tiga kali aksi ini ia lakoni.

Danrem 132 Tadulako melalui Plh Kapenrem,  Mayor Dedy Afrizal menjelaskan, penangkapan terhadap SM merupakan tindaklanjut laporan seorang warga yang menjadi korban penipuan bersangkutan.

“Korban pelapor sudah menyerahkan uang kepada MS untuk pembelian sebuah barang, namun barang yang dijanjikan tidak pernah diterima. Pelapor merasa sangat dirugikan dan melaporkan kejadian tersebut kepada anggota Tim Intel Korem,”jelas Dedy Afrizal.

Setelah dilakukan pemantauan dan penyelidikan dan atas perintah pimpinan, pihaknya kemudian menangkap pelaku di rumahnya.

“Setelah kami yakini bahwa MS ini  benar bukan anggota TNI maka Danrem memerintahkan segera diserahkan kepada pihak kepolisian untuk diproses sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku”, jelas Mayor Dedy.

Tindakan yang dilakukan MS yang menipu orang dengan mengaku anggota TNI tidak dibenarkan. Hal itu menurutnya sangat mencoreng nama baik institusi TNI dimata masyarakat.

“Apalagi bila perbuatan itu dipergunakan untuk melakukan penipuan kepada masyarakat demi kepentingan dan keuntungan pribadinya,”kata Dedy.

Perbuatan demikian menurutnya harus cepat dicegah dan diantisipasi sebelum menimbulkan kerugian yang lebih besar bagi masyarakat.

“Pelakunya harus diproses secara hukum sesuai prosedur agar tidak ada lagi orang lain melakukan tindakan yang sama untuk kepentingan dan keuntungan pribadi dengan mengatasnamakan dirinya sebagai anggota TNI ataupun Polri dan Institusi Negara lainnya seperti yang sedang marak terjadi akhir-akhir ini,”pungkasnya.

(mdi/Palu Ekspres)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!