Ini Kursi Khusus Raja Salman, Sudah Disiapkan DPR – Palu Ekspres
Nasional

Ini Kursi Khusus Raja Salman, Sudah Disiapkan DPR

JAKARTA, PE – Hampir dapat dipastikan, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud akan berkunjung ke DPR pada Kamis siang, 2 Maret mendatang.

Kemarin (25/2), petugas protokol gabungan dari DPR, kementerian luar negari, dan kerajaan Arab Saudi, sudah sibuk mempersiapkan penyambutan Raja Salman. Simulasi penyambutan dilakukan secara matang, mulai dari pintu masuk hingga di dalam ruang paripurna.

Ada petugas-petugas yang berperan menjadi raja, ketua dan wakil DPR, ketua MPR, ketua DPD, serta rombongan dari Raja Salman seperti pangeran, menteri, dan duta besar Arab Saudi.

Ketua DPR Setya Novanto yang mengenakan baju putih melihat langsung persiapan tersebut. Dia menanyakan agak detail dekorasi ruangan di lantai satu, toilet, tempat duduk, tangga, hingga ruang paripurna.

Dia berharap dengan sambutan yang baik itu bisa meningkatkan hubungan Indonesia-Arab Saudi.

”Ini tapak tilas Raja Arab Saudi. Kalau suasana tenang tentu kerja sama-kerja samanya akan semakin baik,” ujar dia.

Raja Salman akan pidato sekitar setengah jam.

Sekitar pukul 16.00, tim dari kerajaan Arab Saudi tiba di gedung DPR. Mereka melihat kembali persipan dan geladi bersih.

Seperti mengecek tangga, kursi tempat duduk untuk Raja. Tim tersebut hanya sekitar 30 menit untuk pengecekan.

”Mereka (tim protokol kerajaan Arab Saudi, red) sudah tiga kali ini kemari untuk mengecek,” ujar Deputi Persidangan Sekretariat DPR Damayanti di sela-sela gladi.

Kursi yang disiapkan untuk duduk Raja Salman juga biasa-biasa saja. Dari penampakannya, tidak terlihat kemewahan.

(byu/lum/jun/wan/idr)

Click to comment
To Top