Ini Komposisi Baru Pejabat Pemkot Setelah Dirotasi – Palu Ekspres
Palu

Ini Komposisi Baru Pejabat Pemkot Setelah Dirotasi

LANTIK LAGI - Wakil Walikota Palu Sigit Purnomo Said melantik dan mengambil sumpah jabatan Eselon II,III dan IV, Jumat 12 Mei 2017 di auditorium Kantor Walikota Palu. foto HAMDI ANWAR

PALU EKSPRES, PALU – Walikota Palu Hidayat merotasi sejumlah pejabat lingkup Pemkot Palu. Kali ini ada 37 pejabat Eselon IV,  6 Eselon 3 dan 8 pejabat Eselon IIb. Jadwal rotasi ini lambat dari janji wali kota.

Wali kota pada pelantikan 30 Desember 2016 silam menyebut akan mengevaluasi jajarannya 4 bulan setelah pelantikan. Seharusnya rotasi pejabat ini dilakukan Maret 2017 lalu.  Namun mundur Jumat 12 Mei 2017 kemarin.

Sebut walikota kala itu, 4 bulan waktu yang diberikan bagi pejabat untuk menunjukkan kinerja. Ukurannya kecepatan dalam menyusun rencana kerja anggaran (RKA) menyesuaikan jadwal. Serta rasional, proporsional dan realistis dalam mengajukan Program anggaran dalam RKA.

Wakil Walikota Palu Sigit Purnomo Said tidak menjelaskan detail prihal kemunduran jadwal itu, saat melantik pejabat, Jumat 12 Mei 2017 di kantor walikota.

“Ini sebenarnya sudah lebih dari empat bulan sesuai janji walikota,”kata Pasha, sapaan akrab Wakil Walikota Palu dalam sambutannya.

Menurutnya rotasi itu dilakukan sebagai bentuk evaluasi dari walikota. Pasha meminta mereka yang berganti posisi tidak menanggapi negatif rotasi itu.

“Orang Manado bilang, jang Taru kira apalagi tersingung dengan rotasi ini. Karena pak wali mungkin telah melihat bagaimana kinerja pejabatnya selama 6 bulan ini,”kata Pasha.

Evaluasi yang berujung rotasi ujar Pasha belum tentu karena kinerja seorang pejabat buruk. Bisa jadi juga karena seorang pejabat berkinerja baik untuk kemudian mendapat tugas baru.

“Misalnya pak Ramli Usman sebelumnya Kadis pemadam yang kini ditempatkan di lingkungan hidup. Boleh jadi pertimbangan pak walikota, karena kinerjanya baik. Begitu pula Musliman, yang ditempatkan di pemadam, belum tentu karena kinerjanya tidak baik di lingkungan hidup,”ujarnya.

Karena itu lanjut Pasha, pejabat yang baru saja bertukar tempat diharap langsung menyesuaikan diri dengan jabatan barunya.  “Saya kira semua pejabat kita sudah memahami akan semua tugas dimanapun ditempatkan,”pungkasnya.

Adapun pejabat Eselon IIb yang bertukar posisi antara lain. M Rifani Pakamundi diangkat sebagai Asisten 1 bidang pemerintahan dan kesejahteraan. Rifani menjabat sebelumnya Asisten III bidang administrasi umum.

Ridwan Karim diangkat sebagai kepala dinas kebudayaan dan pariwisata. Ridwan sebelumnya menjabat asisten I bidang pemerintahan dan Kesra.
Muchlis Umar yang sebelumnya menjabat kepala dinas pertanian dan ketahanan pangan diangkat sebagai asisten III bidang administrasi umum.

Musliman sebagai kepala dinas pemadam kebakaran dan penyelamatan. Ramli Usman sebagai kepala dinas lingkungan hidup.

Berikutnya Sudaryano Lamangkona sebagai kepala dinas koperasi-UMKM menggantikan Ajenkris yang ditempatkan dalam jabatan kepala dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu.

Burhan Hamading yang sebelumnya menjabat staf ahli ditempatkan sebagai kepala dinas pertanian dan ketahanan pangan menggantikan Muchlis A Umar.

(mdi/Palu Ekspres)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top