Ini Kebijakan Yang Bikin Mafia Impor Gula Tidak Leluasa, Bahkan Mereka Akan… – Palu Ekspres
Ekonomi

Ini Kebijakan Yang Bikin Mafia Impor Gula Tidak Leluasa, Bahkan Mereka Akan…

PALU EKSPRES, JAKARTA – Coordinator Indonesia Sugar Watch, Gatot Triyono mengapresiasi Kebijakan Menteri Perdagangan yang menyusun tata Niaga Gula Nasional dengan membentuk Bursa Lelang Gula Kristal Rafinasi (GKR).

“Bursa Lelang GKR yang dikuatkan dengan keputusan menteri Perdagangan merupakan kebijakan yang pro rakyat dalam cita-cita trisakti Nawacita,” kata Gatot dalam keterangan pernya, Sabtu (17/6).

Terlebih menurut dia, sebelumnya, setiap tahun, masalah terkait Gula Rafinasi selalu menjadi momok persoalan yang menjadi dampak negative bagi para petani dan pabrik gula putih nasional.

Hal itu menurutnya karena gula rafinasi hasil selundupan yang tidak jelas asalnya merembes ke pasar-pasar, atau kadang kala gula rafinasi sulit untuk di dapat oleh pengusahan makanan dan minuman.

Imbasnya, sehingga menyebabkan produk makanan dan minuman berbasis gula menjadi mahal dan pengusaha makanan dan minuman pun kesulitan dalam menjalankan usahanya.

Karena itu, kata Gatot, dengan adanya keputusan Menteri Perdagangan untuk mengatur tata niaga gula rafinasi disertai membentuk bursa lelang GKR, menurutnya akan ada kontrol pasar secara baik sehingga pasar tradisiomal dapat teratasi untuk masa mendatang.

Namun, lanjutnya, harus diantisipasi mafia impor GKR yang akan menghalalkan segala cara.

“Mafia yang akan gigit jari dan salah satu caranya adalah mengunakan jaringan anggota DPR di Senayan untuk menganggu dan melakukan protes pada pemerintahan Joko Widodo terkait Lelang GKR tersebut, begitu juga mengunakan pengamat,” pungkasnya.

(Fajar/PE)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top