Ini Jawaban ORI Sulteng Hasil Rakor Keracunan di SDIT Al Fahmi – Palu Ekspres
Palu

Ini Jawaban ORI Sulteng Hasil Rakor Keracunan di SDIT Al Fahmi

Keterangan pers ORI Sulteng bersama pihak terkait tentang tindaklanjut keracunan pangan SDIT Al-Fahmi, Rabu 6 Desember 2017 di Kantor ORI Sulteng Palu/HAMDI ANWAR/PE

PALUEKSPRES,PALU – Terkait tertutupnya rapat koordinasi (Rakor) yang digelar pihak terkait dan Ombudsman RI Sulteng, pimpinan ORI Sulteng, Nasrun menyebut rapat tidak bermaksud ditutup bagi wartawan.

Nasrun menjelaskan, ORI Sulteng bersama pihak terkait hanya ingin menyamakan informasi sebelum disampaikan ke publik.

“Agar informasi yang berseliweran tidak liar. Makanya rapat ini kita laksanakan untuk menyeragamkan informasi,”jelasnya.

Selain sebut Nasrun, ruangan yang digunakan untuk menggelar pertemuan juga tidak memadai menampung orang dengan jumlah yang banyak. “Ruangannya kecil kasian. Kalau teman-teman wartawan juga masuk tempatnya jadi sempit,”sebutnya.

Pantauan Palu Ekspres sendiri, ruangan tempat rapat itu memang hanya seluas kurang lebih 4×4 meter persegi. Dari rapat koordinasi itu dihasilkan 7 point yang disepakati perserta rapat.

Pertama bahwa Dinkes Palu telah menyatakan bahwa peristiwa keracunan makanan siswa SDIT Al Fahmi bukan kejadian luar biasa (KLB). Kedua pihak Reskrim Polres Palu menemukan bahwa pihak sekolah belum pernah mendapat pengawasan khusus uji gizi terkait penyediaan bahan makanan. Ketiga BPOM Palu belum dapat mengeluarkan hasil identifikasi sampel-sampel makanan karena prosesnya masih berjalan.

Keempat pihak yayasan sekolah SDIT Al-Fahmi menyatakan peristiwa itu adalah bentuk korektif. Dan sebagai langkah antisipasi, siswa untuk sementara waktu diperintahkan membawa makanan sendiri dari rumah.

Kelima pihak sekolah mengaku akan menanggung biaya perawatan siswa yang tidak tercover dalam kartu Jaminan kesehatan nasional (JKN) maupun kartu indonesia sehat (KIS).

Kemudian komite meminta pihak sekolah untuk aktif mengevaluasi kondisi kebersihan sekolah dan terakhir bahwa BPJS Kesehatan Palu telah berkoordinasi dengan seluruh rumah sakit (RS) untuk mengeluarkan surat elektabilitas pasien (SEP) bagi pasien yang memiliki kartu JKN-KIS aktif.

(mdi/Palu Ekspres)

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!