Ini Cara Paling Gampang Sembuhkan Flu – Palu Ekspres
Kesehatan

Ini Cara Paling Gampang Sembuhkan Flu

Ilustrasi google image

PALU EKSPRES, JAKARTA – Musim pancaroba yang akhir-akhir ini terjadi di Indonesia kerap menyebabkan orang mudah terkena penyakit flu.

Flu termasuk salah satu penyakit yang mudah menyerang siapa saja. Tak peduli anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia. Membeli obat flu juga gampang. Tidak hanya terbatas di apotek, di toko atau warung-warung terdekat pun ada obat flu.

Padahal, mengetahui cara tepat untuk memilih obat flu sesuai gejala adalah hal mutlak. Apalagi kini musim transisi atau cuaca pancaroba melanda. Sejatinya, flu merupakan infeksi oleh virus influenza yang menyerang saluran pernapasan bagian atas.

Penularan virus itu sangat gampang. Yakni, ada kontak dengan mukosa atau jaringan kulit hidung penderita flu. Bisa juga melalui kontak langsung dengan tangan penderita flu.

Kepala Bidang Penunjang Medis dan Nonmedis RSUD Sidoarjo Citra Ermawati Apt menyatakan, flu sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya apabila penderita mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

”Tidur yang cukup, asupan gizi yang baik, dan banyak minum air putih, itu sudah bisa mengembalikan kekebalan tubuh terhadap virus flu,” ungkapnya.

Perempuan 53 tahun itu juga menjelaskan, banyak tindakan preventif yang dapat dilakukan untuk menangkal virus flu agar tidak menjangkiti tubuh.

”Yang paling gampang tapi sering dilupakan itu ya cuci tangan sesering mungkin,” tegas Citra.

Tentu saja sabun cuci tangan yang digunakan harus memiliki kandungan disinfektan atau penghilang kuman.

Jika kebiasaan cuci tangan yang benar itu rutin dilakukan, hampir bisa dipastikan virus flu akan sulit menyerang tubuh. Selain itu, meminum banyak air putih dan suplemen imunitas bisa membantu.

Bagaimana dengan buah? ”Buah sih semua boleh. Bagus banget malah. Cuma, ada beberapa orang yang malah serangan flunya disertai radang tenggorokan kalau kebanyakan,” imbuhnya.

Citra menambahkan, ada beberapa langkah yang harus dicermati saat terkena flu.

Terutama saat memilih obat. Yang paling penting adalah kesadaran si penderita untuk segera sembuh dan tidak menularkan penyakitnya kepada orang lain.

”Kalau flu, ya harus pakai masker. Nah, pemakaian masker itu harus sekali pakai. Alasannya adalah higienitas,” paparnya.

Kedua, lanjut dia, cerdas memilih obat. Menurut Citra, obat itu terdiri atas obat bebas, obat bebas terbatas, serta obat keras.

Nah, kebanyakan obat flu memang masuk kategori obat bebas. Namun, tidak berarti bisa asal pilih. Membeli obat yang zat aktifnya disesuaikan dengan gejala adalah langkah paling tepat. Obat flu dari herbal juga bisa jadi pilihan apabila tidak mau mendapat efek samping mengantuk.

”Terapi non-obat bisa dengan kumur pakai air garam, tetapi kalau gejala penyerta seperti batuk atau panas sudah lebih dari tiga hari, harus konsultasi ke dokter,” kata Citra.

(Fajar/PE)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top